Latihan Mendarat di Jalan Raya, Su-27 Ukraina Tabrak Rambu Lalu Lintas

Jakartagreater.com – Sebuah pesawat tempur Sukhoi Su-27 Angkatan Udara Ukraina nyaris mengalami insiden kecelakaan saat mendarat dan menabrak rambu lalu lintas ketika melakukan pelatihan pendaratan pendek di jalan raya pada hari Kamis, 27 Agustus 2020, di Ukraina, lansir Bussines Insider.

Su-27 Ukraina tabrak rambu lalu lintas saat mendarat di jalan raya (@ www.5.ua)

Insiden menabrak rambu lalu lintas ini terjadi di jalan raya internasional M06 antara Kyiv dan perbatasan Hongaria dekat kota Chop. Area itu digunakan untuk simulasi pelatihan yang mendemonstrasikan penggunaan jalan raya sebagai pendaratan oleh “dua belas jet tempur” di area pendaratan jalan raya yang disimulasikan sebagai landasan udara cadangan di masa depan, sebagaimana ditulis dalam laporan unian.info.

Pesawat itu dilaporkan berasal dari “Brigade Penerbangan Taktis ke-39” Ukraina menurut laporan itu. Sebuah kutipan yang yang berasal dari sumber militer Ukraina menyatakan, “Keterampilan ini akan berguna bagi pilot jet tempur jika terjadi invasi musuh dengan skala besar.”

Jalan raya telah dipersiapkan untuk latihan taktis sebelumnya dengan menghilangkan beberapa rambu jalan dan tiang lampu di area pendaratan yang direncanakan. Polisi juga menutup akses ke jalan raya. Kembang api juga dilakukan untuk menakut-nakuti burung agar menjauh dari daerah tersebut untuk mencegah serangan burung.

Pesawat yang menabrak rambu lalu lintas mungkin telah melakukan pendekatan singkat dengan alasan yang tidak diketahui, sedangkan Su-27 kedua melakukan pendaratan dengan jarak yang lebih jauh.

Sebuah foto di beberapa unggahan media sosial dan laporan berita menunjukkan Su-27 yang terlibat dalam insiden tersebut, tampaknya kembali ke lapangan terbang dengan tanda lalu lintas yang bengkok melilit di dekat saluran udara di sisi kiri pesawat.

Su-27 Ukraina tabrak rambu lalu lintas. (@ forums.accuratereloading.com)

Banyak pesawat buatan Rusia, seperti MiG-29, dilengkapi dengan penutup berventilasi yang lebih rendah dari intake saat melakukan pendaratan untuk mencegah masuknya benda asing ke dalam mesin saat beroperasi dari area yang kasar seperti jalan raya atau lapangan.

Su-27 yang terlibat dalam insiden ini tampaknya tidak dilengkapi dengan penutup pencegah benda asing di intake-nya, yang berarti mesin pesawat bisa mengalami kerusakan jika rambu lalu lintas bisa masuk langsung ke intake jet tempur.

Sharing

Satu pemikiran pada “Latihan Mendarat di Jalan Raya, Su-27 Ukraina Tabrak Rambu Lalu Lintas”

Tinggalkan komentar