Kroasia Tunggu Penawaran Jet Tempur Multirole

Zagreb, Jakartagreater.com – Kementerian Pertahanan Kroasia menerima tawaran pesawat tempur multirole dari pukul 09.00 hingga 11.30 pada hari Rabu, yang akan dilanjutkan dengan periode evaluasi selama tiga bulan sebelum proposal final ditujukan kepada pemerintah, kata Pertahanan Menteri Mario Banozic kepada pers di luar kantor pemerintah, lansir Croasiaweek.

Ditanya apakah publik akan diberitahu tentang rincian penawaran tersebut, Menteri menjawab dengan negatif, menambahkan bahwa penawaran akan melalui proses evaluasi selama tiga bulan berdasarkan proposal yang akan dibuat untuk pemerintah.

Keputusan akhir tentang tawaran terbaik akan siap untuk pemerintah pada akhir tahun ini, kata Banozic.

Menurut Menteri, penawaran awal telah diminta dari Amerika Serikat untuk pesawat F-16 baru dan dari Swedia untuk pesawat tempur Gripen. Penawaran juga diminta untuk pesawat bekas buatan Eropa, termasuk Eurofighter Italia dan Rafale Prancis, serta untuk F-16 bekas dari Norwegia, Yunani, dan Israel.

Banozic mengatakan sulit baginya untuk mengatakan berapa harga pesawat karena itu tergantung pada penawaran. Dia membenarkan bahwa Kroasia akan membeli 12 pesawat.

Diminta mengomentari keputusan Kantor Kepresidenan untuk tidak ikut serta dalam pekerjaan komisi antardepartemen untuk pembelian pesawat tersebut, menurut menteri, Presiden dan dirinya ada briefing rutin, termasuk kemarin, dan akan bekerja sama. Dia sendiri mengatakan bahwa keputusan ini ada di tangan pemerintah, dan penting bagi Kroasia, untuk keamanan Kroasia, dan itu harus menjadi keputusan tunggal.

Kantor Kepresidenan menyatakan tidak akan memiliki perwakilan di komisi tersebut, tetapi presiden akan mengambil bagian dalam keputusan politik pembelian pesawat militer sesuai dengan kewenangan konstitusionalnya.

Sebelumnya Administrasi Materiel Pertahanan (FMV) Swedia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa perwakilan FMV dan Kedutaan Besar Swedia di Kroasia telah mengajukan tawaran yang mencakup pesawat tempur Gripen C / D baru dan paket dukungan logistik, pelatihan teknisi dan pilot Angkatan Udara Kroasia.

Sharing

3 pemikiran pada “Kroasia Tunggu Penawaran Jet Tempur Multirole”

Tinggalkan komentar