BMD-4M dan BTR-MD Rakushka Pasukan Lintas udara Rusia

Pasukan Lintas udara Rusia telah menyelesaikan uji coba BMD-4M dan BTR-MD Rakushka

image
BMD-4M, IFV pasukan lintas udara Rusia

Pasukan lintas udara Rusia telah menyelesaikan uji coba kendaraan militer generasi terbaru dari IFV BMD-4M. Tes ini meliputi manuver, mobilitas udara, mengarungi laut dan menembak. Tahun depan, pasukan lintas udara Rusia menerima batch pertama dari 64 kendaraan. Pada bulan Agustus 2014 tentara Rusia telah menerima pengiriman prototipe pertama BMD-4M.

Dirancang untuk menggantikan BMD-1 dan BMD-2, BMD-4M merupakan varian upgrade dari kendaraan tempur BMD-3, dan diharapkan dapat memberikan peningkatan perlindungan dan kekuatan tempur untuk pasukan udara Rusia.

Pasukan udara Rusia berharap untuk menerima lebih dari 1500 IFV BMD-4M sampai tahun 2025 serta lebih dari 2500 APC BTR-MD Rakushka dengan berbagai varian dan modifikasi.

BMD-4M merupakan generasi terbaru dari kendaraan lapis baja yang diproduksi oleh Perusahaan Pertahanan Rusia Kurganmashzavod JSC. Kendaraan ini dipersenjatai dengan meriam semi otomatis 2A70 100mm disamping mampu menembakkan amunisi standar tetapi juga amunisi tandem 9M117M1 Arkan dan rudal antitank berpandu (ATGM) Konkurs. Meriam 100mm digabungkan dengan kanon otomatis 2A72 30mm.Sebuah senapan mesin koaksial PKT 7.62mm digabungkan dengan persenjataan utama.

BMD-4M dibekali mesin diesel UTD-29 dengan kekuatan 500 hp. Kendaraan dapat dipacu pada kecepatan maksimal 70 km / jam dengan daya jelajah maksimum 500 km.

BTR-MD Rakushka dalam uji coba
BTR-MD Rakushka dalam uji coba

BTR-MD Rakushka (Objekt 950) adalah kendaraan angkut lapis baja yang dirancang khusus untuk pasukan lintas udara. Perkembangannya dimulai pada tahun 2009. Gelombang pertama dari 10 kendaraan telah diserahkan pada tahun 2013. BTR-MD adalah pengganti lapis baja BTR-D yg sudah tua.Kendaraan baru ini juga sedang diusulkan untuk angkatan laut Rusia.

BTR-MD Rakushka didasarkan pada chasis BMD-3 dengan menghilangkan turet dan memperbesar lambung sehingga memiliki lebih banyak ruang internal dan dapat disesuaikan dengan berbagai peran.BTR-MD sepenuhnya amfibi dan dapat diterjunkan dari udara.

BTR-MD Rakushka dipersenjatai dengan satu senapan mesin 7.62mm yg terletak diatas ruang komandan dan satu peluncur granat otomatis AGS-17 30mm yang dipasang di sisi kanan lambung.Dua tabung pelontar asap dipasang pada sisi depan lambung. Beberapa varian kendaraan ini dilengkapi dengan senapan mesin kendali jarak jauh dan rudal anti tank Kornet-D.Perlindungan kendaraan sangat ringan karena keterbatasan berat badan.Lambung dari BTR-MD dilas dari baja dan aluminium. Memberikan perlindungan hanya dari tembakan senjata ringan dan serpihan peluru artileri. Kendaraan ini dilengkapi dengan perlindungan NBC dan sistem pencegah kebakaran otomatis.

BTR-MD dirancang dengan maksud untuk memiliki volume internal yang semaksimal mungkin. Kendaraan memiliki kapasitas angkut 2 ton.Dapat membawa 13 pasukan bersenjata lengkap, ditambah dua awak.Pengemudi duduk di tengah.Pasukan masuk dan keluar kendaraan melalui pintu belakang dan atas lambung. BTR-MD juga dilengkapi dengan dua waterjets.Hal ini dapat beroperasi hingga gelombang laut state 3.Memiliki suspensi hydropneumatic. Suspensi tersebut memungkinkan kendaraan yang akan dimuat ke dalam pesawat angkut.

BTR-MD dapat diterjunkan dari pesawat kargo menengah Il-76 dengan awak tiga orang didalamnya.BTR-MD juga dapat diangkut dengan helikopter Mi-26 dengan menggunakan tali sling. BTR-MD saat ini direncanakan sedang dikembangkan ke berbagai varian seperti kendaraan komando, ambulance, pengangkut amunisi, dan membawa radar pertahanan udara.

BTR-MDM mampu mengangkut 13 pasukan bersenjata lengkap
BTR-MDM mampu mengangkut 13 pasukan bersenjata lengkap

Pada tahun 2013 sebuah BTR-MDM upgrade dipamerkan di RAE 2013 exibition Nizhniy, Tagil, Rusia. Kendaraan baru menggunakan sejumlah komponen dari BMD-4M dan BMP-3M. Mesin, transmisi, waterjets dan sejumlah komponen lainnya dari BMP-3M. Diperkirakan BTR-MDM akan lebih dapat diandalkan dibandingkan versi sebelumnya.

Spesifikasi BTR-MDM
Berat : 13,2 ton
Kru : 2 kru +13 pasukan
Daya angkut : 2 ton
Power engine : 450 hp
Max.speed : 71 km/jam
Max.speed water : 10 km/jam
Max.range : 500 km
Senjata :
1 senapan mesin 7,62mm,
1 peluncur granat AGS-17 30mm

Sumber : Armyrecognition

Pengirim : Pecinta wanita JKGR Biro Jepara

Tinggalkan komentar