Prancis Optimis Jual Rafale ke Indonesia

JakartaGreater – Negosiasi dengan Indonesia mengenai pesanan 36 pesawat tempur Rafale buatan Dassault Aviation, “sangat maju”, ujar Menteri Angkatan Bersenjata Prancis Florence Parly, Kamis, 3-12-2020.

Pesanan ini “belum ditandatangani, kami telah bekerja banyak untuk itu”, ujar Florence Parly, saat diwawancarai di BFM Business. “Ini sangat maju”, ujarnya dirilis Reuters.

Mengutip beberapa sumber yang menguatkan, situs La Tribune sebelumnya mengabarkan bahwa Indonesia ingin segera menyelesaikan kesepakatan pembelian 48 pesawat tempur Rafale.

Menurut La Tribune, Paris dan Jakarta juga bermaksud untuk menandatangani perjanjian kerja sama pertahanan, dan Indonesia “ingin bergerak cepat dan bahkan menginginkan kesepakatan sebelum akhir tahun, sementara negosiator Prancis ingin mengambil sedikit waktu untuk menyelesaikan kesepakatan dengan hati-hati ”.

Rencana ini mengemuka pada akhir Oktober 2020 lalu saat Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto berkunjung ke Paris, yang menurut La Tribune menegaskan kembali “ketertarikan” Jakarta terhadap pesawat tempur Rafale.

Jet tempur Rafale operasi Inherent Resolve, Irak, 8 Jan 2016. (U.S. Air Force – Tech. Sgt. Nathan Lipscomb)

‘Indonesia ingin segera menyelesaikan kesepakatan pembelian 48 pesawat tempur Rafale. Paris dan Jakarta juga berniat menandatangani perjanjian kerja sama pertahanan, ungkap situs La Tribune, 3-12-2020.

Negosiasi antara Prancis dan Indonesia berjalan sangat baik atas penjualan 48 pesawat tempur Rafale ke Angkatan Udara Indonesia, menurut beberapa sumber yang menguatkan. Hal ini sedikit berbeda dengan kasus pada file angkatan laut (kapal selam Scorpene dan korvet Gowind) di mana orang Indonesia sedang mempertimbangkan opsi yang berbeda.

Dalam kunjungan ke Hôtel de Brienne pada 21 Oktober 2020, Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto sekali lagi menegaskan ketertarikannya pada pesawat tempur Dassault Aviation.

Sharing

Satu pemikiran pada “Prancis Optimis Jual Rafale ke Indonesia”

Tinggalkan komentar