Destroyer Rusia Cegat Destroyer AS, USS John S McCain

Moskow, JakartaGreater   –  Kapal destroyer anti-kapal selam, Admiral Vinogradov, Rusia menghentikan kapal destroyer Amerika Serika USS John S. McCain dari upaya melanggar perbatasan Rusia di Teluk Peter, kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan, dirilis TASS, Selasa 24-11-2020 .

Menurut kementerian, pada hari Selasa 24-11-2020, pukul 06:17 waktu Moskow (03:17 GMT), USS John S. McCain, yang memasuki Laut Jepang beberapa hari lalu, melanggar perairan teritorial Rusia di Teluk Peter, “melewati perbatasan laut sejauh 2 kilometer. ”

“Kapal destroyer anti-kapal selam Admiral Vinogradov Armada Pasifik menggunakan saluran komunikasi internasional untuk memperingatkan kapal asing bahwa tindakan seperti itu tidak dapat diterima dan pelanggar dapat dipaksa keluar dari perairan teritorial Rusia dengan manuver serudukan.

Setelah peringatan dikeluarkan dari Admiral Vinogradov mengubah arahnya, kapal perusak USS John S. McCain kembali ke perairan internasional, “kata pernyataan itu.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, kapal perang AS tidak berusaha masuk kembali ke perairan teritorial Rusia. Admiral Vinogradov melanjutkan misinya di sekitar kapal AS. Kementerian Rusia menambahkan bahwa “korvet Sovershenny Armada Pasifik telah dikirim ke daerah itu.”

Bantahan dari AS

USS John S. McCain
doc. USS John S. McCain. (@U.S. Navy photo by Mass Communication Specialist 3rd Class Paul Kelly)

Juru bicara Armada ke-7 Amerika Serikat Letnan Joe Keiley mengatakan tuduhan Rusia itu “salah”, dan menambahkan bahwa “USS John S. McCain tidak ‘diusir’ dari wilayah negara mana pun”, dirilis Stripes.com, 24/11/2020.

“USS McCain melakukan Freedom of navigation Operations (FONOP) sesuai dengan hukum internasional dan terus melakukan operasi normal di perairan internasional,” kata Keiley. “Amerika Serikat tidak akan pernah tunduk dalam intimidasi atau dipaksa untuk menerima klaim maritim yang tidak sah, seperti yang dibuat oleh Federasi Rusia.”

USS John S. McCain adalah destroyer yang dilengkapi dengan dua sistem pertahanan rudal Aegis. Kapal tersebut dilaporkan membawa rudal jelajah Tomahawk, rudal anti-pesawat SM-2 dan senjata anti-kapal selam RUM-139 ASROC.

1 thought on “Destroyer Rusia Cegat Destroyer AS, USS John S McCain”

Leave a Comment