KKB Serang Patroli TNI di Nduga Papua

PHOTO 2020 11 26 21 51 14 e1606496241736

 

JakartaGreater   – Pasukan TNI yang sedang melaksanakan kegiatan pengamanan wilayah, untuk kesekian kalinya mendapatkan serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Tim Gabungan TNI yang sedang berpatroli untuk menjamin keamanan wilayah tersebut diserang KKB dari kelompok Egianus Kogoya pada Kamis 26-11-2020,  di sekitar Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, dirilis Puspen TNI.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Kapen Kogabwilhan III) Kolonel Czi IGN Suriastawa pada Kamis 26-11-2020 di Jakarta.

“Kontak senjata terjadi pada hari Kamis sekitar pukul 15.15 di sekitar Kampung Kendibam, Distrik Kenyam, Kab. Nduga,” ujar Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa.

PHOTO 2020 11 26 21 51 14 1 e1606496263440

Selanjutnya Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa mengungkapkan bahwa :

  1. Pasukan TNI yang terlibat kontak senjata merupakan Pasukan Gabungan yang berasal Yonif R 700/WYC yang memiliki tugas rutin mengamankan wilayah Nduga Papua dari gangguan Kelompok Bersenjata seperti ini.
  2. Kontak tembak terjadi kurang lebih selama 30 menit.
  3. TNI masih tetap melakukan pengejaran terhadap kelompok tersebut, sampai dengan sore hari.
  4. Dari kejadian ini, terdapat 3 prajurit TNI yang menderita luka tembak dan sudah mendapatkan perawatan pertama di lapangan dan telah di evakuasi pada hari Kamis sore ini dari lokasi kejadian ke RSUD Mimika dengan aman menggunakan Helikopter Caracal TNI AU.
  5. Yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan baik-baik saja.
  6. Bagaimana pun juga, TNI siap berkorban apa saja demi keselamatan masyarakat Papua dan bangsa Indonesia.

Informasi dari Prajurit TNI yang terlibat langsung kontak senjata, dari masyarakat sekitarm serta bukti-bukti yang ditemukan di sekitar lokasi kejadian, kemungkinan ada KKB yang tertembak dan luka parah, namun diduga dilarikan dan disembunyikan oleh rekan mereka.

“TNI tidak akan pernah lelah untuk mengamankan wilayah Papua dari gangguan kelompok pengacau seperti KKB ini dan terus akan melakukan pengejaran kepada mereka agar Papua bisa damai dan aman terutama menjelang bulan damai dan kasih dalam rangka menyambut perayaan Natal 2020” ujar Kapen Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa.

2 thoughts on “KKB Serang Patroli TNI di Nduga Papua”

  1. Saat nya menggunakan drone buat membasmi separatis di papua.
    Saat nya menggunakan drone buat membasmi separatis di papua.
    Saat nya menggunakan drone buat membasmi separatis di papua.
    Saat nya menggunakan drone buat membasmi separatis di papua.
    Saat nya menggunakan drone buat membasmi separatis di papua.

  2. Apakah sparatis KKB ini jauh…jauh…jauh lebih sulit dibasmi ketimbang mereka2 yg dicap teroris di aceh, palu dan yg terbaru MIT? Karena yg ini berlarut yaah, berkali2 terjadi penembakan petugas yg sedang patroli tapi slesai itu ydh selesai aja.

    Tdk langsung dikirimin pasus buat nyisir hutan spt kjadian di sulawesi (teroris MIT).

Leave a Reply