Latihan Peperangan Laut Satuan Kapal Cepat Koarmada II

JakartaGreater   – Latihan Gladi Tugas Tempur atau Glagaspur TK III/L-3 oleh Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmada II, telah memasuki tahap Manuver Lapangan (Manlap)  di Perairan Laut Jawa, Jumat, 27-11-2020.

Latihan Peperangan laut yang dikomandani  oleh Kolonel Laut (P) Rio Henrymuko ini, salah satu cara mengasah kemampuan peperangan yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut, untuk mendapatkan keunggulan di aspek laut, dirilis Pen Koarmada II.

Latihan Peperangan Laut Satuan Kapal Cepat Koarmada II

Latihan rutin secara terus menerus dalam suatu Integrasi dan sinergis sangat di perlukan. Hal ini yang melatar belakangi kegiatan geladi tugas tempur Satuan Kapal Cepat di selenggarakan guna mempertahankan dan meningkatkan keterampilan baik perorangan maupun kelompok.

Latihan Peperangan Laut Satuan Kapal Cepat Koarmada II

Di sela kegiatan Manlap, Kolonel Rio mengatakan, pembinaan kekuatan dan kemampuan tempur prajurit dan unsur-unsur organiknya dalam bidang peperangan permukaan, peperangan udara dan sebagai penegak hukum di laut, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tempur Koarmada II.

blank
Latihan Peperangan Laut Satuan Kapal Cepat Koarmada II

“Latihan dilaksanakan selama 14 hari, tepatnya sejak tanggal 16 hingga 30 November 2020 ini melibatkan sekitar 344 personel yang terdiri dari unsur dan staf Satkat Koarmada II, juga KRI Tombak-629 yang dikomandani Letkol Laut (P) Nurulloh Zemy Prasetyo dan KRI Mandau-621, yang dikomandani Letkol Laut (P) Dedi Wardana. Latihan yang dilaksanakan adalah penembakan meriam dari berbagai kaliber serta beberapa latihan integrasi lainnya“ ujar Kolonel Rio.

blank
Latihan Peperangan Laut Satuan Kapal Cepat Koarmada II

Di tempat terpisah Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan berharap latihan Glagaspur Tingkat III atau L-3 ini dapat menjadi nilai tambah dalam berpikir maupun bertindak dalam menegakkan kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI.

Selain itu juga untuk melindungi kepentingan nasional di laut yuridiksi nasional, sesuai program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono di bidang penyelarasan doktrin, Ops-Lat dan sistem pelatihan yang fleksibel dan adaptiv terhadap dinamika situasi terkini.

Sharing

Tinggalkan komentar