Tiga Kapal Perang Indonesia Latihan Peperangan Ranjau

JakartaGreater  – Tiga Kapal Perang Indonesia Latihan Peperangan Ranjau. Latihan Glagaspur TK III/L-3 Satuan Kapal Ranjau Koarmada II, memasuki Tahap Manuver Lapangan pada Kamis 26-11-2020 di Perairan Situbondo, dirilis Dinas Penerangan Koarmada II.

Latihan ini sebagai ajang untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit. Pelaksanaan Manuver Lapangan atau Manlap Glagaspur TK III/L-3  merupakan puncak dari serangkaian kegiatan sebelumnya, yakni tahap pembekalan klasikal, drill peralatan sampai dengan pelaksanaan Tactical Floor Game (TFG).

Sedangkan dalam pelaksanaan Manlap dilaksanakan beberapa latihan, diantaranya: Mine Field Transit (MFT), Penyebaran Ranjau, Pemburuan dan penyapuan Ranjau, Penggelaran Peralatan Portable, serta netralisasi ranjau menggunakan MDC PAP dan metode Conning Run.

Dalam Latihan Glagaspur TK III / L-3 tahun ini, Satran koarmada II melibatkan 3 unsur kapal perangnya yakni KRI Pulau Rengat-711, KRI Pulau Rupat-712 dan KRI Pulau Rimau-724 dan unsur pendukung dari Satkopaska, Dislambair, Diskes dan Arsenal.

blank

Menurut Palaklat Letkol Laut (P) Ferry Kurniawan, Latihan Glagaspur TK III/L-3 bernilai penting bagi Satran. Sebab Peperangan Ranjau yang menjadi tanggung jawab utama satuannya, merupakan salah satu doktrin peperangan yang sangat penting dalam menunjang kekuatan tempur TNI AL

blank

Letkol Laut (P) Ferry  menambahkan bahwa latihan ini juga memberikan pengetahuan baru kepada prajurit untuk menjajal kemampuan dalam hal setting ranjau, penggelaran peralatan portable bawah air guna menunjang kegiatan survey ops dan operasional ROV (Remotely Operated Vehicle).

 

Sharing

Tinggalkan komentar