Peluncuran LCS USS Detroit Amerika

Sebuah tim yang dipimpin Lockheed Martin meluncurkan kapal ke tujuh Littoral Combat Ship Angkatan Laut Amerika Serikat USS Detroit ke Sungai Menominee di galangan kapal Marinette Marine Corporation(MMC).

Sponsor kapal, Barbara Levin, membaptis USS Detroit dengan memecahkan botol sampanye di haluan kapal sesaat sebelum peluncuran. “Ini merupakan suatu kehormatan sebagai sponsor untuk melayani USS Detroit untuk berpartisipasi dan menjadi bagian bagi kebesaran Angkatan Laut Amerika “, kata Mrs.Barbara Levin. Setelah pembaptisan dan peluncuran Detroit akan terus menjalani pengujian dan penambahan perlengkapan sebelum pengiriman ke Angkatan Laut pada tahun 2015.

“Ini adalah sebuah kehormatan untuk terus mendukung Angkatan Laut Amerika Serikat dengan kapal perang yang tangguh dan fleksibel,” kata Dale P. Bennett, wakil presiden eksekutif Mission Systems and Training business ” Tim yang dipimpin Lockheed Martin telah mendesain LCS yg hemat tapi mematikan dan sangat membantu Angkatan Laut mencapai tujuannya untuk meningkatkan kehadirannya dan dapat dimodifikasi atau ditingkatkan dengan cepat untuk memenuhi misi masa depan.”

Angkatan Laut AS memberikan kontrak untuk membangun Detroit pada maret 2011 lalu. Kapal ini adalah salah satu dari lima LCS yg saat ini sedang dibangun di Marinette Marine Corporation.
“Atas nama Marinette Marine, kami sangat bangga mampu membangun kapal ini untuk Angkatan Laut Amerika, “kata Jan Allman, CEO dan presiden MMC. “Kami terus merampingkan proses dan memanfaatkan keahlian dan keterampilan karyawan kami dalam memproduksi kapal berkualitas tinggi ini untuk Angkatan laut.”
Berikut adalah spesifikasi dan kemampuan USS Detroit :

Dapat berlayar di laut dangkal walau dengan hanya kedalaman 6 meter Biaya pembuatan USS Detroit $ 360.000.000 Sedangkan biaya pembuatan USS Liberty $ 800.000.000 Memilki bobot 2862 ton dengan panjang 115 m dan lebar 18 m. Pembuatan kapal ini menggunakan hampir 1.000.000 meter kabel Detroit terbuat dari sekitar 2000 ton baja dan 500 ton aluminium.Aluminium yg digunakan cukup untuk membuat 65 juta kaleng soda USS Detroit dapat dipacu dengan kecepatan lebih dari 40 – 46 knot per jam Pada kekuatan penuh, waterjets yang mendorong Detroit dapat mengisi kolam renang standar olimpiade hanya dalam 20 detik Detroit memilki lebih dari 7000 sensor yang terus mengirimkan informasi ke sistem untuk menampilkan data pelayaran, penerbangan dan analisis. Sebagai perbandingan mobil modern terbaru hanya memilki sekitar 100 sensor. Kapal mampu berlayar sejauh 6500 km selama 21 hari Kapal dapat dipacu dengan kecepatan tertinggi dan direm hingga berhenti mendadak dengan jarak hanya sepanjang 3 lapangan sepak bola Awak dapat memantau dan mengoperasikan mesin penggerak utama dari jarak jauh menggunakan komputer layar sentuh. Dengan mesin listrik Rolls RoyceMT30 untuk fitur hemat serta kombinasi mesin turbin gas Colt dan empat mesin diesel Rolls Royce waterjets mampu menghasilkan kekuatan 17.370 tenaga kuda Dibekali meriam 110mm di bagian haluan kapal Membawa 11 boat berkecepatan tinggi RHIB Memilki sistem pertahanan udara rudal RIM-116 Untuk peran anti kapal selam USS Detroit dilengkapi torpedo Mk 50 Honeywell Surface to surface missile modul (SSMM) with AGM-114L Hellfire Longbow radar guided missil Dilengkapi dengan 2 cannon otomatis kaliber 50 mm Vertical Take Off Unmanned Aerial Vehicle (VTUAV) MQ-8 Fire Scout USS Detroit mengangkut 2 helicopter MH 60R Seahawk

Sumber : Arabdefence/naval technology

Pengirim : Pecinta Wanita JKGR Biro Jepara

Leave a Comment