Latihan Jet Tempur Sukhoi 30 dan KC-130 Koopsau II

JakartaGreater  – Dua skadron udara di bawah jajaran Komando Operasi Udara (Koopsau) II, menggelar latihan pengisian bahan bakar di udara (air refueling) dengan menggunakan 4 jet tempur Sukhoi 30 dari Skadron Udara 11 dan 1 pesawat Lockheed Martin KC-130 Skadron Udara 32, pada Kamis 3-12-2020 di Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, dirilis Puspen TNI.

Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI H. Haris Haryanto, S.I.P. menjelaskan bahwa latihan ini merupakan latihan rutin yang diselenggarakan TNI AU dengan tujuan meningkatkan keterampilan para penerbang mengoperasikan pesawat yang diawakinya. “Dalam latihan kali ini, 2 tipe pesawat yang dilibatkan yaitu pesawat tempur Sukhoi Su-30 MK2 dan pesawat “tanker” KC-130 BT,” ucapnya.

Pesawat tanker tersebut, kata Komandan Lanud Sultan Hasanuddin, memiliki spesifikasi sebagai pesawat yang bertugas melaksanakan operasi pengisian bahan bakar di udara bagi pesawat tempur di jajaran TNI AU, termasuk Sukhoi 30 MK2 dari Skadron Udara 11.

Komandan Skadron Udara 11, Letkol Pnb I Gusti Ngurah Sorga Laksana yang merupakan Alumnus AAU 2002 juga menyampaikan bahwa Air Refueling sangat diperlukan untuk meningkatkan Combat Radius dan daya jelajah dalam melaksanakan operasi udara.

“Latihan ini sangat penting, mengingat Wilayah Udara Yuridiksi Nasional yang begitu luas sehingga dibutuhkan kemampuan tersebut untuk menjaga dan mempertahankan kedaulatan Negara dari segala macam ancaman baik serangan udara musuh maupun pelanggaran-pelanggaran udara lainnya,” jelasnya.

Sharing

Tinggalkan komentar