Indonesia – Amerika Serikat Tingkatkan Kerja Sama Pertahanan

JakartaGreater   –   TNI dan militer Amerika Serikat (AS) sepakat meningkatkan kerja sama pertahanan melalui pendidikan dan latihan bersama kedua negara, atas ancaman Chemical, Biological, Radiological, Nuclear and Explosive (CBRNE) dan Siber nyata.

Demikian disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., sewaktu menerima kunjungan kehormatan Acting US Secretary of Defense, Mr. Christopher C. Miller, pada Senin 7-12-2020, di Subden Mabes TNI, Jakarta,  dirilis Puspen TNI.

Panglima TNI juga menyampaikan bahwa pelatihan dan kemampuan Pertahanan CBRNE dan Siber adalah bidang yang menjadi perhatian bersama kedua negara demikian pula dengan kebutuhan TNI terkait Alutsista mutakhir. Panglima TNI dan Acting US Secretary of Defense juga membahas tentang stabilitas kawasan Asia Tenggara.

WhatsApp Image 2020 12 07 at 14.52.07 1 e1607357715609
Indonesia – Amerika Serikat Tingkatkan Kerja Sama Pertahanan

Permasalahan yang ada di wilayah Laut China Selatan harus diselesaikan melalui pendekatan diplomatis dengan mengedepankan norma-norma internasional, prinsip saling menghargai kedaulatan, dan penyelesaian permasalahan dalam kerangka perdamaian serta membahas kemungkinan keikutsertaan personel TNI dalam latihan bersama antara Marinir AS dan Angkatan Bersenjata Australia di Darwin.

WhatsApp Image 2020 12 07 at 14.52.07
Indonesia – Amerika Serikat Tingkatkan Kerja Sama Pertahanan

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengapresiasi kerja sama pertahanan antara kedua negara yang selama ini telah terjalin yaitu :

  1. Eratnya hubungan tersebut terbukti dengan rangkaian kunjungan pejabat Departemen Pertahanan dan Angkatan Bersenjata AS kepada Panglima TNI pada beberapa bulan terakhir.
  2. Pada bulan September 2020 lalu, Panglima TNI menerima kunjungan Under Secretary of Defense for Policy, Dr. James Anderson.
  3. Kemudian pada bulan November 2020 menerima kunjungan Kasad AS, Jenderal James C. McConville, beserta Mayjen Jonathan P. Braga, Wakil Panglima USARPAC.

Turut mendampingi Panglima TNI, Asops Panglima TNI, Mayjen TNI Arios Tiopan Aritonang, S.I.P. dan Kapuskersin TNI, Laksma TNI R. Teguh Isgunanto. Sedangkan dari delegasi AS, hadir Dubes LBBP AS, Sung Yong Kim, Deputi Asisten Menhan AS untuk Wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara, Mr. Reed Blanding Werner, dan Kepala Staf Menhan AS, Mr. Kashyap Pramod Patel.

 

Leave a Comment