Su-57 Serial Pertama Rusia, Dikirim Akhir Tahun

JakartaGreater – Pesawat tempur Su-57 produksi serial pertama dengan mesin operasional tahap pertama, akan dikirim ke Kementerian Pertahanan Federasi Rusia sebelum akhir tahun, ujar Kepala eksekutif perusahaan Rostec, Sergei Chemezov, kepada wartawan, dirilis TASS, 7-12-2020.

“Dalam waktu dekat, secara harfiah sebelum akhir tahun, kami harus mengirimkan pesawat produksi seri dengan mesin tahap pertama. Itu sesuai dengan semua karakteristik yang dibutuhkan pesawat generasi kelima,” katanya.

Dia juga menjelaskan bahwa semua pekerjaan pada pesawat tempur Su-57 dilakukan sesuai jadwal. “Kami sudah mengirimkan 10 pesawat sebagai trial batch, mereka berfungsi dengan baik. Sekarang implementasi kontrak negara untuk pengiriman 76 pesawat sedang berlangsung,” kata CEO Rostec.

Pesawat tempur Su-57 adalah pesawat tempur multiperan generasi kelima yang dirancang untuk menghancurkan semua jenis target udara, darat dan laut.

Jet tempur Su-57 memiliki fitur teknologi siluman dengan penggunaan material komposit yang luas, mampu mengembangkan kecepatan jelajah supersonik dan dilengkapi dengan peralatan radio-elektronik paling canggih, termasuk komputer onboard yang kuat (yang disebut electronic second pilot), sistem radar tersebar di seluruh tubuhnya dan beberapa inovasi lain, khususnya, persenjataan yang ditempatkan di dalam badan pesawat.