Apr 022016
 

Diperkirakan pada tahun 2030 nanti di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara akan dipenuhi dengan 288 kapal selam dari beragam tipe, naik hampir 200 dari tahun 2010.

Kapal selam merupakan platform persenjataan tangguh yang dapat memberikan perlawanan gerilya menghadapi musuh yang lebih kuat. Kapal selam juga dapat melakukan misi pengumpulan data intelijen dan pengintaian, mengawal pasukan amfibi dan menyusupkan pasukan khusus.

Banyak tipe kapal selam baru akan mengisi dan berseliweran di wilayah ini, mulai dari kapal selam diesel elektrik buatan eropa, Korea Selatan, hingga kapal selam nuklir buatan China dan Rusia.

Pada tahun 2018 Indonesia mulai diperkuat kapal selam Chang Bogo buatan Korea Selatan. Jakarta juga mempertimbangkan untuk membeli dua kapal selam Kilo class dari Rusia pada tahun 2019 nanti.

Malaysia mengakuisisi dua kapal selam Scorpene class dari Perancis pada tahun 2009 dan 2010, kapal selam Scorpene mulai beroperasi penuh pada tahun 2012 setelah penundaan pembangunannya.

Singapura memesan lagi dua kapal selam canggih type 218SG yang dilengkapi Air Independent propulsion buatan Jerman pada tahun 2013, yang melengkapi empat kapal selam yang sudah ada.

Vietnam kini sudah dilengkapi enam kapal selam Kilo Improved yang akan sangat berguna melakukan perang asimetris terhadap kekuatan China yang besar di Laut Cina Selatan.

Korea Selatan dilengkapi sembilan kapal selam Chang Bogo class dan tiga kapal selam Son Wonil class, yang mengambil basis dari kapal selam Type 214 buatan Jerman, termasuk rencana pengembangan kapal selam KKS-3000 ton.

Korea Utara diperkirakan memiliki 70 kapal selam dari berbagai ukuran dan tipe. India dan Pakistan yang saling berlomba kekuatan bawah lautnya. Taiwan juga masih berusaha terus mencari pengganti kapal selam tuanya, bahkan Thailand, Bangladesh dan Filipina juga berusaha mendapatkan kapal selam modern.

Kapal selam Song class

Kapal selam Song class

Namun dibanding semua negara dikawasan Asia, Angkatan Laut China sekarang adalah yang terkuat di Asia. Pada tahun 2020 kekuatan kapal selam China diperkirakan akan tumbuh lebih dari 70 kapal selam. Kekuatan kapal selam Cina terdiri dari campuran kapal selam diesel elektrik modern dan kapal selam bertenaga nuklir. China saat ini memiliki 53 kapal selam diesel elektrik, lima kapal selam nuklir, dan empat kapal selam rudal balistik nuklir.

Pada dekade berikutnya, China diperkirakan akan terus mendongkrak jumlah dan kemampuan kapal selam nuklirnya, termasuk 20 kapal selam Yuan class yang dilengkapi dengan Air Independent Propulsion. Semua kapal selam China merupakan campuran kapal selam kuat diesel elektrik dan kapal selam bertenaga nuklir.
China adalah salah satu negara yang akan terus menjadi kekuatan kapal selam terbesar di Asia, dan kekuatan yang lebih mampu beroperasi pada jarak jauh, baik di Samudera Hindia, Laut China Selatan hingga ke Australia.

  37 Responses to “288 Kapal Selam Berjubel Di Kawasan Asia Tahun 2030”

  1. masaaa

  2. Thanks infonya bung @Pw

  3. Msa sih

  4. Wah berjubel…
    Kalo semua ditaroh buat menjaga lautan indonesia yang jutaan kilometer persegi.sy rasa msh kurang buat menjaga tiap jengkal dari NKRI…

  5. Mumet tukang parkire

  6. klo sekarang Indonesia cuma punya 2 dan di 2019 ada nambah cbg 3 unit, dan rencana akuisisi kilo 2 unit, dan klo unrelease info akhirnya jalan, pembuatan kasel tiap 2 tahun, thn 2020 sd 2030, brati nambah 5 lg. jd di 2030 kemungkinan Indonesia punya kasel hanya sebanyak 2+3+2+5=12 unit…
    masih kurang banget…. mestinya 3 kalinya. spy yg gentayangan tetap 18, stand by 12, 6 menjelajah di bengkel…. mantap itu

  7. Submarine made in jerman pilihan saya. Apalagi versi terbaru . Mengharap TNI AL melirik setelah proyek chambogo kelar

  8. Trs scorpion gmn ini, ko ga bisa nyelem2..
    Sy ampe botak mikirnya

    • haduhh gw sampe ketawa sendirian. wkwkwk

    • Pak Cik cakap apa? Scorpion itu tank Pak Cik yg diganti sama Tank tempatan Pendekar, mentang-mentang sudah tiada guna nak suruh selam itu tank.

      Tank suruh selam, Kapal Selam Scorpene pun iri dia tiada disuruh selam sama Pak Cik Najib ni.

    • Saya ada kagum dengan pemikiran Pak Cik Najib ni. Scorpene yg kegunaannya kapal selam pun didayagunakan sebagai Banana Boat, pantaslah orang asing nak datang kat Malaysia dan pariwisata Malaysia berjaya.

  9. Wah, 288-12=276. 276 angka yg bagus untuk dijadikan rumpon, biar ikan pada punya rumah baru 2030 nanti.

  10. Optimis sama besar kepala beda tipis….hati-hati ntar nyungsep lho, xixixixixixi

  11. buka bengkel ganti oli didasar laut aja…
    qiqiqiqiiiiii

  12. yang paling menarik y pertumbuhan armada kapal selam india, sama program s 1000 nya aussie 😎

  13. TOLONG BANTU AWAK NYILEM

  14. waooww china asia takde yg berani nak lawan..aseanpun tak berdaya..!!

    • Berani atau tidak itu tergantung negaranya masing2, anda tdak boleh meng “judge” semua asean tdk berani. Banyak negara asean yg mulai bergerak menunjukkan keberaniannya.
      Tengok lah 2 negara di utara anda, apa yg telah militer mereka lakukan untuk mempertahankan wilayahnya. Tengok juga negara di selatan anda yang bersiap – siap mempertahankan lautnya yg ikut di klaim sama china dengan cara menempuk armada di kawasan konflik tersebut.

      • tengok perbndingn aset2 militer dn senjate strategik china sdh bolh mmmbyngkn bang…tak bolh lawan jika pakse jg habis..mereka lbih maju jauuh dr asean..

        • Haha… Jika kami memakai penalaran anda mungkin negara kami INDONESIA tidak pernah merdeka bro, bisa2 sampai skr kami masih ikut belanda bro.
          Sejak pendidikan tingkat dasar kami selalu diberi doktrin nasionalisme, karena itulah mungkin pola pikir kita berbeda..

  15. Cra menghncurkn ks yaitu dgn drone bwah laut

  16. Malaysia blum ap2 sdh keder duluan,itulah potret bangsa maling dn pecundang,cm brani keroyokan brsama anggota fpda,skrg mncoba manas2in indonesia untk ikut perang lawan cina,kmi bangsa pejuang,dgn batu dn tombak pun kmi akn berjuang,ap lg snjata kami jg tak kalah dgn cina,seandainx jendral2 qt berani sprti Ir soekarno dn Jendral sudirman,tentulah cina sdh lama diajak perang..

  17. jadi ingat kuping utusan kaisar China dipotong sama raja Jawa gara gara nyuruh sang raja takluk pada kaisar. Nyatanya dalam sejarah justru yang bisa ngobrak abrik armada laut kerajaan nusantara bukan China tapi kerajaan dari India dan bangsa Eropa,itupun kalah karena kerajaan nusantara sudah lemah gara gara bangsawannya saling berebut kekuasaan dan teradu domba

  18. jangan samakan kami dengan kalian….kami bukan bangsa lembek….jaman penjajahan bangsa kami hanya berjuang dengan senjata alakadarnya, dan kami tidak pernah takut walaupun harus melawan senjata canggih portugis, belanda, inggris, jepang dll. dan akhirnya dengan ijin Allah kami dapat meraih kemerdekaan….ingat bro yg menentukan segala sesuatu itu adalah Allah. seandainya kita hanya bermodalkan sebilah parang, dan musuh menggunakan ak47, m16, rpg, dll. klo Allah menghendaki kita yg menang….maka tak akan ada yg bisa mencegah kemenangan kita

  19. Sdh ada yg baca belum berita lontong ghaib di koran sebelah,

  20. saya sebagai warga negara indonesia malu dengan pejabat yang masih lebih mementingkan dirinya dan atau kelompoknya, misalnya berangkat ke luar negeri dengan minta bantuan penjemputan dan supaya diberikan fasilitas, melakukan markup, dll., dan jangan mudah puas diri, sebaiknya pejabat indonesia memikirkan cara supaya investor luar tertarik untuk membuka perusahaan shg membuka lapangan pekerjaan bagi SDM usia produktif dan memberikan pekerjaan bagi wiraswasta yg bidang usahanya memberikan pendukung kinerja atau bahan baku dari perusahaan asing, memikirkan cara utk negara dapat memelihara dan merawat fakir miskin, orang terlantar, orang yg tergolong kompi atau lanjut usia, tuna wisma, orang cacat, dan pengangguran untuk mendapatkan kehidupan, pekerjaan yang layak serta tempat tinggal yg layak juga disamping penambahan dana utk pengadaan alutsista yg berkualitas dan dalam jumlah besar, serta utk memperketat proses pengadaan sampai audit realisasi pengadaan, juga memperkuat peran KPK utk turut serta bersama polisi militer, oditur militer dalam melakukan penyelidikan dan penyidikan serta penuntutan perkara korupsi yang pelakunya adalah yang berasal dari militer.

  21. kalau buat perencanaan tuh jangan nanggung, misalnya mau 125 unit kapal selam, 24 skadron pesawat tempur, 12 skuadron pesawat angkut, 20 unit pesawat peringatan dini,12 skadron pesawat tanker,18 skadron heli serang,20 skadron heli serbu, 24 skadron heli angkut yg dipersenjatai, 30 skadron heli anti kapal selam, 80 unit pesawat dan heli pemadam kebakaran, 25 skuadron pesawat dan helikopter amphibi, 2000 unit hovercraft yg dipersenjatai rudal permukaan ke udara, permukaan ke permukaan, peluncur torpedo, radar 3D, anti jantung,300 unit kapal tangker dr berbagai ukuran, pembangunan kilang minyak dalam jumlah besar mulai dr sabang (barat) sampai merauke (timur), dari utara sampai selatan, dari pusat ke tengah,dan tenggara

  22. ^ Mending ente aja bung yang jadi Panglima TNI Indonesia :v Mungkin Indonesia bisa jadi salah satu negara terkuat di dunia.

    Ngomong-ngomong, Indonesia mending juga buat Carrier (kapal induk) terbesar di dunia, KRI NUSANTARA namanya…

  23. buat 700 unit fregat, 70 unit destroyer, 1400 unit Kapal Cepat Rudal yang dilengkapi rudal permukaan ke permukaan, permukaan ke udara, dan peluncur torpedo, 400 unit Kapal Pemburu Ranjau, 800unit Kapal Hantu Cair yg dipersenjatai, 4000 unit stone yg dipersenjatai eng waktu jelajah paling tdk 24 jam

  24. 4000 unit drone yg dipersenjatai, 30.000 unit MLRS,100.000unit tank medium amphibi,200.000unit panser amphibi

  25. 4000 unit drone yg dipersenjatai, 30.000 unit MLRS,100.000 unit tank medium amphibi,200.000 unit panser amphibi, 80 unit kendaraan menara darurat pemantau lalu lintas udara, 500.000 unit perlukan yg diinstalisasi di obyek vital, kapal perang, pelabuhan, jembatan,tol, perbatasan, kantor pemerintahan dan pos penjagaan serta markas

  26. keluar dr traktat ZOPFAN dan buat rudal nuklir, ga usah banyak2 cukup 100 biji aja. itu udah bisa buat yg laen mingkem. Hahahahaha

 Leave a Reply