Dermaga Caligi Benteng Samudera, Amankan ALKI 1

JakartaGreater  – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan dan menandatangani prasasti dermaga Caligi Benteng Samudera, di Lampung, Jumat 11-12-2020. Dermaga ini untuk mendukung administrasi logistik unsur-unsur TNI saat melaksanakan operasinya.

Dermaga ini memiliki panjang 297 meter dan lebar 12 meter secara resmi bernama Caligi Benteng Samudera, dirilis Dispenal.

Dermaga ini merupakan dermaga yang sangat strategis di mana posisi terletak di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) 1. Unsur-unsur TNI AL perlu hadir melaksanakan penjagaan yang ketat terhadap lalu lintas internasional, untuk mencegah kegiatan illegal di laut.

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, dalam amanatnya  menjelaskan:

  1. Dermaga Caligi Benteng Samudera dibangun sejak 2 tahun yang lalu, dan merupakan dermaga pendukung administrasi logistik bagi unsur-unsur TNI AL, yakni Kapal Republik Indonesia (KRI) dan Kapal Angkatan laut (KAL) yang berada di wilayah Lampung.
  2. TNI AL harus selalu hadir untuk menjamin keamanan lalu lintas internasional dan juga mengamankan dari masuknya kapal-kapal illegal, baik kapal-kapal yang melanggar wilayah maupun kapal-kapal yang akan melakukan tindak pidana di laut.
  3. Situasi di  (ALKI) 1, dapat diantisipasi dengan unsur-unsur TNI AL yang sedang beropersi atau sandar di dermaga tersebut.

Hadir dalam kegiatan ini, Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kasal Laksda TNI Muhammad Ali,  Asisten Logostik (Aslog) Kasal Laksda TNI Puguh Santoso,  Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksda TNI Abdul Rasyid K, dan sejumlah pejabat lainnya.