KRI Bima Suci dan KRI Sura-802 Latihan di Laut Aru

JakartaGreater – Saat melintasi Laut Arafuru dalam pelayaran etape ke-10, Satgas Operasi Bima Suci (OBS) 2020 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr.Hanla, berkesempatan latihan bersama KRI Sura-802, Jumat, 18-12-2020.

Latihan bersama unsur BKO Guspurla Koarmada III ini dipimpin oleh Danguspurla Koarmada III Laksma TNI Rudhi Aviantara IH., S.E., M.Si., M.Tr. (Han). yang on board di KRI Sura-802, dirilis Penerangan Koarmada II.

Latihan diawali dengan Communication Check di mana Komandan KRI Sura sebagai Officer Conducting Serial (OCS) yang akan mengendalikan semua jaring komunikasi radio dan melaksanakan pencocokan waktu. Kemudian dilanjutkan dengan latihan Replenishment At Sea (RAS) Approaches KRI BSC dengan KRI Sura untuk menggelar Mailbag Transfer Exercise.

KRI Bima Suci dan KRI Sura-802 Latihan di Laut Aru

Serial latihan selanjutnya yaitu Tactical manouvering (Tacman) Exercise atau yang dikenal dengan manuver taktis, dan latihan ini ditutup dengan latihan formasi Breakaway for Pass Exercise. Pada latihan ini Taruna berkirim pesan isyarat Semaphore dan Flash Hoist “Jalesveva Jayamahe” kepada KRI Sura-802.

KRI Bima Suci dan KRI Sura-802 Latihan di Laut Aru

Komandan Satgas OBS 20 menyampaikan “Latihan bersama KRI Bima Suci dengan Unsur BKO Guspurla Koarmada III ini merupakan bagian dari pembelajaran dan memberikan gambaran sesungguhnya kepada seluruh prajurit khususnya para Taruna Tk.III angkatan 67 sebagai tindak lanjut dari Prioritas Kasal Laksamana TNI Yudho Margono tentang Pembangunan SDM TNI AL yang unggul”, jelas Letkol Waluyo-sapaan karib Komandan Satgas OBS.

blank
KRI Bima Suci dan KRI Sura-802 Latihan di Laut Aru

Lebih lanjut Komandan Satgas OBS menyampaikan “Melalui kegiatan serial latihan ini, diharapkan para Taruna bisa mengetahui situasi yang akan dihadapi pada penugasan yang sesungguhnya kelak dan selama pelaksanaan latihan tetap memperhatikan protokol kesehatan sesuai penekanan Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan kepada Satgas OBS”.

Sharing

Tinggalkan komentar