Rusia : Rudal Sarmat dapat Tembus Pertahanan Rudal Apapun

Moskow, JakartaGreater  – Rudal balistik antarbenua (ICBM) Sarmat pertama Rusia, akan memasuki layanan Pasukan Rudal Strategis Rusia (RVSN) pada tahun 2022, ujar Komandan RVSN Sergey Karakayev, dirilis TASS, Rabu 16-12-2020. Rudal Sarmat ini dikatakan dapat menembus pertahanan Rudal apa pun.

Dia juga memuji sistem Rudal balistik strategis antarbenua (ICBM) Avangard Rusia, dengan mengatakan bahwa Rudal itu menandai era baru senjata Hipersonik strategis.

“Saat ini, perusahaan industri pertahanan terus bersiap untuk uji coba penerbangan negara untuk sistem ICBM Sarmat,” katanya dalam wawancara dengan surat kabar Krasnaya Zvezda. “Itu (Sarmat) dijadwalkan untuk memasuki tugas tempur pada tahun 2022.”

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan pada bulan Maret 2020, bahwa modernisasi jalur produksi, yang diperlukan untuk meluncurkan produksi serial ICBM Rusia yang canggih, telah selesai. RS-28 Sarmat adalah sistem berbasis silo canggih Rusia dengan Rudal balistik antarbenua berbahan bakar cair yang berat.

Rudal ini memulai proses pengembangan sejak tahun 2000-an untuk menggantikan ICBM R-36M2 Voyevoda. Beratnya sekitar 200 ton dan memiliki bobot lemparan sekitar 10 ton. Sarmat mampu menembus pertahanan Rudal yang ada dan yang akan datang.

Avangard ICBM.

Sistem Rudal balistik strategis antarbenua (ICBM) Avangard Rusia – yang berarti ‘avant-garde’  – adalah menandai era baru senjata Hipersonik strategis, kata komandan Pasukan Rudal Strategis Rusia (RVSN).

” Sistem Rudal ini berada tepat di garis depan dari upaya untuk menciptakan jenis persenjataan baru, mengantarkan era senjata Hipersound strategis, “kata Karakayev. Dalam kata-katanya, Avangard akan meletakkan dasar untuk mengembangkan jenis elemen tempur baru untuk Rudal strategis masa kini dan prospektif.

“Sistem Rudal Avangard akan menjadi elemen yang efisien dalam inventaris senjata RVSN, memperluas potensi tempur pasukan dan menciptakan kondisi untuk pengembangan jenis elemen tempur baru untuk Rudal strategis modern dan prospektif,” katanya. “Saya berharap bahwa peran RVSN saat ini dalam triad strategis negara menjadi lebih signifikan ketika sistem Rudal baru ini, Avangard, mulai bertugas.”

Avangard adalah sistem Rudal balistik antarbenua strategis yang dilengkapi dengan kendaraan peluncur Hipersonik. Menurut sumber terbuka, senjata terobosan ini dikembangkan oleh Research and Production Association of Machine-Building dan telah diuji sejak tahun 2004.

Kendaraan boost-glide ini mampu terbang lebih dari 20 kali lipat kecepatan suara di lapisan padat atmosfer, bermanuver menurut jalur penerbangan dan ketinggiannya, serta melanggar pertahanan antimisil apa pun.

Resimen Rudal pertama yang dipersenjatai dengan Avangard mulai bertugas di dekat kota Orenburg di Ural selatan akhir tahun lalu.

Leave a Comment