F-16 TNI AU dan RSAF Latihan Intersep Pesawat Tempur

JakartaGreater  –  TNI AU dan Republic of Singapore Air Force (RSAF) menggelar latihan bersama “Bilateral Fighter Interaction and Training” atau B.F.I, di Area Pangkalan TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin,  Pekanbaru, Riau,  Selasa 8 hingga 10 Desember  2020, dirilis Situs TNI AU.

Latihan pertempuran udara yang  dilakukan melibatkan pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin dan pesawat tempur F-16 RSAF, di Pekanbaru.

F 16 TNI AU dan RSAF Latihan Intersep Pesawat Tempur
F-16 TNI AU dan RSAF Latihan Intersep Pesawat Tempur. (@ RSAF)

Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T., M.M., menyampaikan :

  1. Latihan BFI merupakan salah satu bentuk latihan bersama antara TNI AU dengan RSAF yang difokuskan pada teknis pelaksanaan pertempuran udara, khususnya teknik pelaksanaan intersep pesawat tempur terhadap pesawat tempur musuh yang sewaktu-waktu mengancam kedaulatan wilayah udara.
  2. Latihan BFI ini merupakan ajang berinteraksi, saling tukar menukar informasi dan berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman oleh kedua angkatan udara sehingga akan meningkatkan kemampuan para penerbang dalam melaksanakan setiap misi pertempuran di udara.
  3. Latihan ini juga menggunakan sandi “Bilateral Fighgter Interaction-20”, melibatkan pesawat tempur F-16 dari ke dua negara serta didukung hampir 60 personel TNI AU.
  4. TNI AU mengerahkan pesawat F-16 C/D dari Skadron Udara 16 sedangkan RSAF juga mengerahkan pesawat tempur F-16 dari Skadron 143 yang berpangkalan di Tengah AFB”,
  5. Latihan BFI dilaksanakan dari tanggal 8 dan berakhir 10 Desember 2020. TNI-AU dan RSAF melaksanakan latihan Tactical Intercept, yaitu latihan manuver pesawat tempur untuk mencegat pesawat lawan atau pesawat yang tidak dikenal.

“Tujuan latihan BFI ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme satuan dalam pergelaran operasi udara serta meningkatkan hubungan bilateral antara TNI AU dengan RSAF”, ujarRonny”Redfox”Moningka.

Kegiatan latihan berjalan dengan aman dan lancar.

 

Leave a Comment