Bor Raksasa Tembus Terowongan Utama Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Konstruksi Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung

JakartaGreater – Mesin bor terowongan (tunnel boring machine/TBM) berdiameter super besar yang dikembangkan secara mandiri oleh China berhasil menembus terowongan utama di proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), ujar produsen mesin bor tersebut, pada Rabu, 16/12/2020.

Terowongan No. 1, dengan total panjang 1.885 meter, berhasil ditembus pada Selasa (15/12) di Halim, Jakarta Timur.

Terowongan itu merupakan bagian krusial dari proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan memainkan peran penting dalam penyelesaian seluruh konstruksi.

Tianhe Mechanical Equipment Manufacturing Co., Ltd., anak perusahaan dari China Communications Construction Company Limited yang berfokus pada desain dan produksi TBM, mengatakan kepada Xinhua bahwa mesin tersebut keluar dari jalur produksi di pabrik perusahaan itu di Kota Changshu, Provinsi Jiangsu, pada 29 September 2018.

Pihak perusahaan mengatakan mesin berdiameter 13,19 meter itu memiliki panjang 101 meter, bobot lebih dari 2.600 ton, serta bernilai 170 juta yuan (1 yuan = Rp2.165).

Mesin tersebut dikirim dari Shanghai, China, pada Desember 2018 dan tiba di Jakarta pada Januari 2019. Pada Maret 2019, mesin itu selesai menjalani proses perakitan di lokasi konstruksi terowongan No. 1.

Menurut pihak perusahaan, mesin itu akan dikirim kembali ke China untuk proyek konstruksi terowongan lainnya.

Pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung diluncurkan pada 2016. Proyek sepanjang 142,3 kilometer itu akan menghubungkan Jakarta dengan ibu kota Provinsi Jawa Barat, Bandung.

Dengan kecepatan 350 kilometer per jam, jalur kereta yang dibangun dengan teknologi China ini akan memangkas waktu tempuh dari semula tiga jam lebih menjadi hanya sekitar 40 menit.

1 thought on “Bor Raksasa Tembus Terowongan Utama Kereta Cepat Jakarta-Bandung”

Leave a Reply