Mobil Mobil Baru yang Meluncur di 2020

JakartaGreater- Industri otomotif di Indonesia bahkan dunia, sedang mengalami keterpurukan yang disebabkan wabah virus corona. Sehingga, pola untuk memperkenalkan dan juga peluncuran kendaraan berubah ke arah digital.

Meski demikian, sepanjang 2020, sederet kendaraan berhasil meluncur baik dari pabrikan Asia Hingga kendaraan Eropa yang meluncurkan kendaraan merek dengan cara virtual. Berikut daftar kendaraan yang meluncur di 2020, dirilis Antara, 21/12/2020:

Januari

Suzuki All New Ertiga

Memasuki tahun 2020, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan penyegaran pada mobil keluarga All New Ertiga dengan menyajikan warna baru dan ubahan pada interior.

Adapun perubahan interior pada tipe GL, GX dan Suzuki Sport antara lain tambahan second row center arm rest dan ubahan warna hitam pada interior untuk tipe GX dan Suzuki Sport menjadi black with wood grain pattern.

Pada tipe GL, terdapat digital AC panel, sedangkan di tipe GX terdapat 8 inch touch screen head unit with remote control.

Harga On The Road Jabodetabek untuk tipe GL berkisar Rp224.500.000 untuk transmisi manual dan Rp235.000.000 untuk transmisi otomatis. Untuk tipe GX harga yang ditawarkan Rp238.500.000, transmisi manual dan Rp249.000.000 untuk transmisi otomatis.

All New Kia Seltos

Produsen otomotif asal Korea Selatan, Kia semakin menghidupkan industri pasar otomotif dengan menghadirkan Kia Seltos di bawah PT Kereta Indo Artha (KIA) sebagai agen pemegang merek di Indonesia.

Mobil ini dibanderol seharga Rp295 juta on the road untuk varian E. Sedangkan untuk varian tertinggi EX+ KIA Seltos dibanderol Rp320 juta on the road.

Mobil ini hadir dengan tiga varian, E, EX dan EX+. All new Kia Seltos juga hadir dalam enam pilihan warna, yaitu Glacier White Pearl, Aurora Black Pearl, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver dan Punchy Orange.

Mazda CX-30

Di akhir bulan Januari 2020, PT Eurokars Motor Indonesia (PT EMI) meluncurkan kendaraan sport utility vehicle (SUV) bertipe crossover, yakni Mazda CX-30 yang dibanderol dengan harga mulai Rp478,8 juta.

Managing Director PT EMI Ricky Thio mengatakan bahwa Mazda CX-30 merupakan SUV berkapasitas empat penumpang yang bisa digunakan untuk kebutuhan mobilitas sehari-hari.

Februari
Honda Civic RS Hatcback

Pada awal Februari, PT Honda Prospect Motor meluncurkan model terbaru Honda Civic RS Hatchback, pada Kamis di Jakarta, dengan harga Rp 499 juta

Dengan mengusung emblem RS, New Honda Civic Hatchback RS hadir dengan tampilan semakin sporty sekaligus seksi, ditambah berbagai perubahan di bagian eksterior dan interior.

Honda Civic Hatchback diluncurkan sebagai bagian dari keluarga model legendaris Honda Civic di Indonesia. Model Civic sendiri telah dipasarkan di Indonesia sejak tahun 1976 dan saat ini terdiri dari Honda Civic sedan, Honda Civic Hatchback dan Honda Civic Type R.

New Honda Civic Hatchback RS tersedia dalam lima pilihan warna, yakni Brilliant Sporty Blue Metallic, Modern Steel Metallic, Rallye Red, Crystal Black Pearl dan Platinum White Pearl. New Honda Civic Hatchback RS dijual dengan harga Rp499 juta (berdasarkan estimasi BBN 2020 Jakarta dan kepemilikan mobil pertama).

Suzuki XL7

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan model low SUV terbaru mereka, Suzuki XL7 masih pada awal Februari.

Jika dilihat, XL7 memiliki basis mesin yang dengan Suzuki Ertiga, yakni menggunakan mesin bertipe K15B. Mesin itu juga dipakai pada Carry dan Jimny.

Output yang dihasilkan juga punya kemiripan yang tidak begitu jauh dengan Ertiga. Namun, perbedaan ada pada sisi driving feel alias rasa berkendara .

Soal harga, Suzuki XL7 dibanderol mulai dari Rp230 juta hingga Rp267 juta (OTR Jakarta) di varian tertinggi.

Toyota Alphard dan Velfire

Toyota menyegarkan mobil kelas premium, New Alphard dan New Vellfire, dengan menyematkan sejumlah fitur keselamatan baru Toyota Safety Sense.

Dengan menyandang fitur Pre-Collision System (PCS), pengguna New Alphard dan New Vellfire kini mendapat perlindungan dari sistem radar yang terintegrasi, yang akan memberikan peringatan melalui audio dan visual terhadap potensi terjadinya benturan.

Fitur PCS secara otomatis mengurangi kecepatan, sehingga risiko benturan bisa dihindari atau dikurangi.

Maret
DFSK Gelora

PT Sokonindo Automobile (DFSK) memperkenalkan kendaraan van pertama mereka di Indonesia, DFSK Gelora, bertepatan pada pameran Gaikindo Indonesia
International Commercial Vehicle Expo (Giicomvec) 2020 di Jakarta.

DFSK Gelora tersedia dalam tipe berpenggerak listrik (electric vehicle/EV) bertajuk Gelora E yang dijual dengan rentang harga Rp469-499 juta.

Gelora E juga punya fitur pengisian daya cepat (fast charging), membutuhkan waktu sekira 80 menit untuk pengisian baterai 20-80 persen, dengan jarak tempuh hingga 300 km.

New Toyota Agya
Mobil hatchback yang cocok untuk segmen entry level itu terlihat lebih gagah dengan tampilan eksterior yang ditunjang dengan bumper dan grille baru – menonjolkan kesan mewah dan sporty.

New Agya 2020 tampil dengan berbagai pilihan warna, dimana warna Silver Metallic dan Yellow mengalami refreshment, serta hadir dengan pilihan warna baru yaitu Orange Metallic.

Toyota New Agya 2020 dibanderol mulai dari Rp 143,8 juta sampai yang tertinggi yakni Rp 169,29 juta on the road Jakarta.

New Daihatsu Sirion dan Ayla
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan duo City Car unggulan mereka yakni, New Ayla 2020 dan Daihatsu New Sirion 2020 melalui jaringan YouTube resmi milik Daihatsu. ADM menjanjikan dua kendaraan ini cocok dikendarai oleh kalangan muda yang sporty dan stylish.

PT ADM juga memberikan warna baru dari masing-masing kendaraan ini, yakni Yellow Metalic pada New Ayla 2020 dan Silver Metalic pada New Sirion 2020.

Kedua kendaraan yang disegarkan ini dibanderol mulai dari Rp101.650 juta OTR Jakarta untuk Alya New 2020, dan New Sirion 2020 ditaksir Rp201 juta OTR Jakarta.

MG ZS
Morris Garage (MG) Motor Indonesia mengenalkan mobil berjenis sport utility vehicle (SUV) MG ZS dengan dua varian Excite dan Ignite, secara virtual melalui kanal Youtube pada Selasa.

MG ZS menggunakan mesin 1.498 cc 15S4C DOHC 4-silinder 16 katup VTi-TECH injeksi bahan bakar multi-point. Kendati demikian, mobil ini belum menggunakan teknologi turbo di dalamnya.

MG ZS tersedia dalam dua tipe yakni untuk Excite dibanderol dengan harga Rp255,8 juta. Sementara Ignite dipasarkan dengan harga Rp289,8 juta dengan lima pilihan warna Scarlet Red, Marina Blue, Black Knight, Arctic White, dan Silver Metallic.

April

All New Cherokee
HASCAR Group selaku distributor umum merek kendaraan Fiat, Alfa Romeo, Jeep, Chrysler dan Dodge di bawah manajemen Fiat Chrysler Automobile (FCA) membawa produk terbaru dari Cherokee untuk meramaikan pasar Indonesia.

All New Cherokee menggunakan mesin yang dipakai Wrangler, mesin 2.0 liter turbo. Jadi total berubah, baik dari mesin dan transmisi.

All New Cherokee hadir dengan dua pilihan, Limited dan Trailhawk. Untuk versi Limited dijual Rp1,520 miliar sedangkan Trailhawk Rp1,620 miliar on the road Jakarta,

Mazda CX-9
PT Eurokars Motor Indonesia (PT EMI), distributor resmi Mazda di Indonesia mengenalkan kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) All-New CX-9 dengan penambahan fitur All-Wheel Drive (AWD).

Mobil itu masih menggunakan jantung pacu berbahan bakar bensin 2.500cc dengan tambahan turbo, teknologi mesin SKYACTIV-G 2.5T yang menyuguhkan performa istimewa bahkan untuk berkendara sehari-hari.

All-New Mazda CX-9 AWD dibanderol Rp954.9 (OTR Jakarta), dengan tambahan empat juta rupiah untuk warna khusus Machine Grey Metallic dan Soul Red Crystal Metallic.

Namun untuk New Mazda CX-9 non-AWD (Front Wheel Drive) masih tersedia, dijual dengan harga Rp849.9 juta.

New Suzuki Ignis
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan produk Sport Utility Vehicle (SUV) mereka dengan beberapa bagian yang sudah diubah, New Ignis hadir dengan tagline terbaru “The New Breed of Urban SUV”.

New Ignis ini menggunakan mesin berkode K12M 4 Cylinder 16 Katup berkapasitas 1.197 cc, tenaga 83 PS pada 6.000 rpm, torsi maksimal sampai 113 Nm pada 4.200 rpm, wheelbase 2.435 mm, serta high ground clearance 180 mm yang memungkinkan kendaraan bermanuver di jalanan perkotaan.

PT SIS mebanderol kendaraan ini dengan harga mulai dari Rp177 juta untuk New Igns GL M/T, Rp181 juta New Ignis GL AGS, Rp190 juta untuk New Ignis GX M/T, dan Rp200 juta New Ignis GX AGS semua harga sudah dalam status n the road Jabodetabek.

Audi Q3 Generasi 3
PT Garuda Mataram Motor resmi memperkenalkan The All New Q3 generasi kedua dengan harga Rp777 juta berstatus off the road, yang tersedia dalam tujuh pilihan warna.

Peluncuran The All New Audi Q3 merupakan awal beroperasinya Audi Official Online Store yang terdapat pada online mall Blibli agar konsumen dapat tetap di rumah saat membeli mobil.

All new Audi Q3 memiliki dimensi yang lebih besar dengan panjang 4.484 mm, lebar 1.849 mm, dan tinggi 1.585 mm dengan antena di atap. Jarak sumbu roda (wheelbase) memanjang 77 mm dibanding generasi Q3 lama. Hal ini menjadikan ruang kabin juga menjadi lebih lapang, sekaligus menyuguhkan kepraktisan lebih baik.

Mei

Renault Climber
Maxindo Renault Indonesia secara resmi meluncurkan New Renault Climber untuk pasar nasional beberapa hari menjelang hari raya Idul Fitri 2020.

Mobil yang didatangkan langsung dari India itu hadir dengan transmisi otomatis (AMT), dijual seharga Rp158,9 juta on the road Jakarta. Sedangkan varian Kwid dijual Rp149,9 juta untik varian manual..

New Renault Climber mengusung desain dinamis guna membedakan mobil itu dengan kendaraan di kelas city car maupun hatchback.

Juni

Lamborghini Huracan Evo AWD
Dibawa oleh Prestige Image Motorcars, kendaraaan Lamborghini Huracan Evo AWD asal Itali ini resmi masuk pasar Indonesia dengan banderol Rp12 m off the road.

Supercar ini dibekali dengan mesin 5.2 liter V10 naturally aspirated dengan 640 tk pada 8.000 rpm dan torsi 600 Nm pada 6.500 rpm. Berkat berat kering 1.422 kg, Huracan EVO AWD mampu berakselerasi dari 0 – 100 km per jam dalam 2.9 detik, 0 – 200 km per jam dalam 9 detik, dan mencapai kecepatan maksimum hingga 325 km per jam.

Juli

Wuling Cortez CT Type S
Wuling Motors (Wuling) menghadirkan varian baru kendaraan multiguna (Multi-Purpose Vehicle/MPV) berkapasitas delapan penumpang (8-Seater ), Cortez CT Type S yang diniagakan seharga Rp209 juta berstatus on the road (OTR) Jakarta.

Cortez Type S menjadi varian dengan harga terjangkau pada lini produk Cortez CT, dengan rentang harga Rp238,5 juta-Rp290 juta, yang telah dipasarkan sejak April 2019 lalu.

Cortez CT Type S dibekali mesin yang sama dengan Cortez CT Type C dan L, yakni bensin berkonfigurasi 4 silinder 1.500cc dengan Turbocharger yang untuk menghasilkan tenaga maksimal 140 HP serta torsi 250 Nm.

DFSK Glory i-Auto
PT Sokonindo Automobile (DFSK) meluncurkan Glory i-Auto dengan harga jual Rp329,7 juta berstatus on the road DKI Jakarta.

Mobil di kelas sport utility vehicle (SUV) berfitur I-Talk itu menawarkan desain mewah, atraktif, performa mumpuni serta berbagai fitur terkini. Mereka juga menjamin bahwa mobil itu sudah tersedia sehingga konsumen tidak memerlukan daftar tunggu (inden).

I-Talk merupakan fitur voice command DFSK yang menggunakan bahasa Inggris. Pada masa mendatang, DFSK akan mengembangkan fitur itu dalam bahasa Indonesia.

Agustus

Toyota Corolla Cross
PT Toyota-Astra Motor (TAM) memberikan kejutan untuk konsumen di Indonesia dengan menghadirkan kendaraan dari model legendaris Corolla, yakni All New Corolla Cross, pada Kamis.

Corolla Cross bukanlah model sedan seperti pendahulunya, melainkan sebuah urban sport utility vehicle (SUV) namun tetap mengusung karakter khas Corolla yakni menyenangkan dikendarai, nyaman, fungsional dan bergaya.

Toyota All New Corolla Cross dibanderol Rp457,8 juta untuk varian bensin. Sedangakn untuk varian hybrid, dibanderol lebih mahal Rp40 juta, yakni Rp497,8 juta, berstatus On The Road (OTR) Jakarta.

BMW 520i M Sport dan Mini Edisi Spesial
MW Group Indonesia memperkenalkan kendaraan BMW dan MINI edisi spesial dalam jumlah terbatas dan penawaran istimewa yang hanya tersedia di bulan Agustus 2020.

Menurut keterangan yang diterima Senin, sejalan dengan tema “Indonesia Maju”, BMW Indonesia menghadirkan sedan bisnis premium terdepan; BMW 520i M Sport Edition 75 dengan logo Indonesia Maju pada LED projector dan center console.

Sedangkan MINI Indonesia menghadirkan MINI John Cooper Works GP dengan kode produksi 0075 ke Indonesia.

BMW 520i M Sport Edition 75 akan tersedia di Indonesia dalam jumlah terbatas, tersedia di seluruh Diler Resmi BMW mulai 17 Agustus 2020 dengan harga Rp 1.109.000.000,- (off-the-road), dan termasuk BMW Service Inclusive.

Toyota Hilux
PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan kendaraan komersial New Hilux facelift pada Kamis, dengan sejumlah pembaruan yang membuat kendaraan niaga itu juga cocok dipakai di perkotaan.

PT TAM membanderol kendaraan niaga ini mulai dari Rp241,7 juta hinggan yang termahal Hilux Double Cabin 2.4 V mencapai Rp429.8 juta.

MG HS
Morris Garage (MG) Motor merilis mobil keduanya di Indonesia yakni sport utility vehicle (SUV) MG HS yang dibanderol mulai Rp369,8 juta on the road Jakarta.

Di balik kap mesin, MG HS memakai penggerak berkapasitas 1,5L Turbo yang menghasilkan torsi maksimum 250 Nm. MG HS juga menyediakan lima ragam moda mengemudi, yaitu Eco, Normal, Sport, Super Sport, dan Custom.

MG HS tersedia dalam dua pilihan tipe, Excite dan Ignite. MG HS Excite ditawarkan mulai Rp369,8 juta (OTR Jakarta), sementara MG HS Ignite ditawarkan Rp429,8 juta (OTR Jakarta).

Toyota Innova TRD Sportivo
Bertepatan dengan HUT ke-75 Republik Indonesia, PT Toyota-Astra Motor mempersembahkan Kijang Innova TRD Sportivo Limited berbahan bakar diesel sebagai mobil multiguna (MPV) pertama dari Toyota yang dibekali fitur TRD Sportivo.

Dengan diluncurkannya varian limited terbaru ini, Kijang Innova kini mempunyai 5 varian yaitu G, V, Q, Venturer, dan yang terbaru TRD Sportivo Limited.

PT TAM membanderol kendaraan terbatas ini mulai dari Rp359 juta hingga yang paling termahak mencapai Rp431,9 juta.

September

New Toyota Yaris
PT Toyota-Astra Motor resmi mengenalkan New Yaris, hatchback yang stylish, namun juga menawarkan sensasi berkendara yang lincah (agile) hingga mampu membangkitkan rasa kegembiraan bagi pengendara, khususnya mereka yang berjiwa muda saat bermobilitas sehari-hari.

Kendaraan ini dibanderol oleh PT TAM sebesar Rp248 juta on the road Jakarta.

Audi A6
Produsen kendaraan asal Jerman, Audi resmi menghadirkan kendaraan generasi kedelapan dari sedan full-size akhirnya hadir di Tanah Air, yakni The All-New Audi A6 yang akan dibanderol mulai dari Rp1,490 miliar (on the road DKI Jakarta).

Di Indonesia sendiri, The All-New Audi A6 hadir dengan dua varian yang dapat dipinang oleh konsumen setia mereka, yakni All-New Audi A6 2.0 TFSI dan All-New Audi A6 3.0 TFSI quattro.

Mercedes-Benz GLA 200 dan GLB 200
Pabrikan otomotif asal Jerman, resmi membawa dua kendaraan mereka yakni Mercedes-Benz GLA 200 dan GLB 200 untuk meramaikan pasar kendaraan premium di Indonesia.

Kendaraan ini keduanya dibenamkan mesin berkapasitas 1.332 cc 4 silinder turbo. Selain itu, mobil ini juga menghadirkan fitur active brake assist dengan pengereman otomatis yang dapat melindungi pengguna mobil dari cedera parah.

Harga retail GLB 200 Progressive Line yang direkomendasikan di diler resmi Mercedes-Benz: Rp829 juta (off-the-road). Sedangkan untuk GLA 200, harga retail yang direkomendasikan GLA 200 Progressive Line: Rp779 juta (off-the-road).

New Toyota GR Supra
Setelah setahun mengaspal di jalanan Indonesia, PT Toyota–Astra Motor (TAM) memberikan penyegaran pada New GR Supra menjadi jauh lebih bertenaga, stabil, dan sporty.

Kendaraan sports car legendaris Toyota dengan tampilan coupe ini kembali dikembangkan dalam balutan excitement untuk memberikan sensasi berkendara yang menyenangkan (pure driving pleasure) baik dilintasan pacu maupun di jalan raya. New GR Supra juga hadir dengan varian Special Edition yang tampil menonjol dengan warna Horizon Blue.

New GR Supra untuk pasar Indonesia dibekali dengan mesin 2.998 cc (3.0 L) 6–silinder segaris.

Oktober

Toyota Fortuner
PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan salah satu andalannya di segmen SUV, New Fortuner, bersamaan dengan peluncuran mobil medium-MPV nya yaitu Kijang Innova 2020.

Penyegaran rupa terlihat pada New Front Bumper Design, New Radiator Grille Design, New LED Head Lamp Design, New LED Fog Lamp Design, serta penambahan ornamen chrome pada bumper, grille, dan fog lamp.

Mesin diesel ramah lingkungan 2GD-FTV 2.400 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 149.6 PS dan torsi 40.8 kgm. Mobil ini juga mengadopsi electronically controlled common-rail injection system dengan tekanan hingga 250 MPa yang membuatnya semakin irit bahan bakar.

Untuk harga, New Fortuner yang terdiri dari delapan tipe ini dibanderol mulai dari harga Rp504,9 hingga Rp704,5 juta.

Mini Cabrio Sidewalk Edition
MINI Indonesia meluncurkan the new MINI Cabrio Sidewalk Edition, sebuah edisi khusus yang hadir pertama kalinya untuk model MINI Cabrio dengan jumlah terbatas, dengan harga Rp880 juta (off the road) di Indonesia.

MINI Cabrio menjadi satu-satunya model atap-terbuka di segmen compact-car premium. Warna cat khusus Deep Laguna metallic yang belum pernah ada di seluruh model MINI, semakin tingkatkan eksklusivitas the new MINI Cabrio Sidewalk Edition.

The new MINI Cabrio Sidewalk Edition hanya tersedia dalam varian “Cooper S” yang dilengkapi mesin 2.0 liter MINI TwinPower Turbo empat-silinder di bawah kapnya, menghasilkan tenaga sebesar 192 hp dan torsi 280 Nm.

Renault Triber
Renault memboyong salah satu mobil andalannya, Renault Triber dengan transmisi otomatis (Automated Transmission) di pasar Indonesia.

Tuas transmisi Renault Triber dilengkapi fitur tiptronik, yang memberikan kemudahan bagi pengemudi untuk memindahkan transmisi layaknya transmisi manual, untuk kontrol akselerasi yang lebih sesuai keinginan.

Dengan bergabungnya Renault Triber transmisi otomatis ini, kini varian ini memiliki enam tipe Triber, yang dihargai mulai dari Rp166,9 juta hingga yang tertinggi seharga Rp183,9 juta off the road.

Mitsubishi Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) merilis dua mobil sekaligus pada Selasa, yakni Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition dan Mitsubishi Xpander Black Edition.

Dalam hal ini, kendaraan yang mengusung tema “Adventure in Black” hadir dengan jumlah terbatas, yakni 1.000 unit untuk Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition, sedangkan untuk Mitsubishi Xpander Black Edition hadir hanya sebanyak 500 unit.

Xpander Black Edition A/T dibandrol Rp 267.500.000 dan Xpander Black Edition M/T Rp 257.100.000 (OTR DKI Jakarta).

November

Mazda 3 100 th Anniversary Edition
PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), yang bertugas sebagai Agen Pemegang Merek Mazda di Indonesia, resmi meluncurkan kendaraan spesial, yaitu Mazda 3 100 th Anniversary Edition yang hadir hanya 20 unit.

Mazda 3 100 th Anniversary Edition memiliki spesifikasi yang sama dengan Mazda 3 yang diluncurkan pada tahun 2019 yang lalu, tetapi ditambah dengan aksesoris khusus berupa logo 100 tahun Mazda pada bagian-bagian tertentu unit tersebut.

Di Indonesia Mazda 3 Anniversary Edition ini ditawarkan dengan harga Rp533.800 juta (On-The-Road Jakarta).

Kia Sonet
PT Kreta Indo Artha (KIA), anak perusahaan Indomobil Group pada Rabu merilis Kia Sonet dengan harga mulai Rp193 juta hingga Rp289 juta untuk varian tertinggi.

Sonet memakai mesin 4-cylinder 1493cc dengan tenaga 115 PS dan torsi 144 Nm yang disandingkan transmisi manual 6 percepatan atau IVT (Intelligent Variable Transmission) 8 virtual gear.

Sharing

Tinggalkan komentar