Menhan RI dan Menlu Turki Bahas Kerja Sama Industri Pertahanan

JakartaGreater   –  Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto, menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Republik Turki, Mevlut Cavusoglu pada Selasa, 22-12-2020 di Kemhan, Jakarta, dirilis situs Kemhan RI.

Kunjungan Menlu Turki menemui Menhan Prabowo Subianto merupakan bagian dari rangkaian kunjungannya di Indonesia setelah sehari sebelumnya juga melaksanakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Dalam kunjungan Menlu Turki kali ini dilanjutkan pembicaraan mengenai kerja sama di bidang industri pertahanan, dalam upaya modernisasi Alutsista TNI, yang pada saat kunjungan Menhan RI ke Turki November 2020 lalu, dibicarakan bersama Menhan Turki.

Menlu Turki mengatakan bahwa kerja sama industri pertahanan ini nantinya tidak hanya dibangun di Turki tapi juga di Indonesia tanpa syarat-syarat tertentu yang membatasi penggunaannya.

Menhan RI menyambut positif pernyataan tersebut dengan menambahkan pentingnya kerjasama pertukaran pendidikan dan pelatihan personel militer Indonesia dan Turki. Para Taruna Akademi TNI ditawarkan untuk dapat mengikuti pendidikan di Akademi Militer Turki.

Saat menerima kunjungan Menlu Turki, Menhan RI didampingi Sekjen Kemhan RI Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto M.D.S, Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Dr. rer. pol. Rodon Pedrason, M.A., Kabaranahan Kemhan Marsda TNI Yusuf Jauhari, M.Eng, dan Dirkersinhan Ditjen Strahan Brigjen TNI J. Binsar Parluhutan Sianipar.

Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama Menteri Luar Negeri Turki dalam kurun waktu 15 tahun terakhir, yang juga bertepatan dengan peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Turki.

Dalam rangkaian kunjungannya ke Indonesia, Menlu Turki juga dijadwalkan menemui Presiden Joko Widodo. Dari pertemuan awal dengan Menlu RI, kunjungan ini diantaranya membahas mengenai rencana kunjungan balasan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan ke Indonesia pada tahun 2021 dan upaya penguatan kerjasama strategis bilateral.

Saat ini, agreement kerjasama antara Turki dengan Indonesia sedang dalam tahap finalisasi dan diharapkan dapat ditandatangani pada saat kunjungan Presiden Turki Erdogan pada Tahun 2021 mendatang.