Dewan Keamanan PBB Putuskan Akhiri Misi Darfur

JakartaGreater – Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Selasa (22/12/2020) mengadopsi resolusi untuk mengakhiri mandat Operasi Gabungan Uni Afrika-PBB di Darfur (African Union-United Nations Hybrid Operation in Darfur / UNAMID) mulai 31 Desember 2020, dirilis Xinhua.

Resolusi 2559, yang mengantongi dukungan bulat dari ke-15 anggota dewan tersebut, meminta sekretaris jenderal (sekjen) PBB memulai penarikan personel UNAMID pada 1 Januari 2021 dan merampungkan penarikan seluruh personel UNAMID pada 30 Juni 2021, kecuali personel yang diperlukan untuk pembubaran misi.

Resolusi itu memutuskan untuk memberikan wewenang kepada sebuah unit garda yang telah ada dalam tubuh UNAMID untuk melindungi personel, fasilitas, dan aset UNAMID selama masa penarikan dan pembubaran misi tersebut.

Resolusi tersebut mendesak pemerintah Sudan agar secara cepat dan sepenuhnya menerapkan Rencana Nasional untuk Perlindungan Warga Sipil serta melindungi warga sipil di Darfur.

Resolusi juga menggarisbawahi perlunya membangun kepercayaan masyarakat setempat terhadap kemampuan lembaga supremasi hukum untuk menghadirkan keadilan, memastikan akuntabilitas, serta memberikan perlindungan hukum bagi masyarakat lemah.

Resolusi itu mendesak pemerintah Sudan di semua level agar bekerja sama sepenuhnya dengan PBB dan Uni Afrika selama penarikan maupun pembubaran UNAMID guna memastikan penarikan misi berjalan tertib dan aman.

Resolusi tersebut meminta UNAMID dan kehadiran misi berikutnya di Sudan, yakni Misi Bantuan Transisi Terpadu PBB di Sudan, agar bekerja sama secara erat melalui mekanisme koordinasi yang telah ada untuk menentukan modalitas dan linimasa pengalihan tanggung jawab di mana kedua misi memiliki tujuan strategis maupun prioritas yang sama di Darfur.

Resolusi itu juga meminta agar sekjen PBB memberikan penilaian kepada Dewan Keamanan atas pelajaran yang didapatkan dari pengalaman UNAMID tidak lebih dari tanggal 31 Oktober 2021.

UNAMID dibentuk oleh DK PBB pada Juli 2007 untuk membantu memelihara dan memediasi perdamaian di wilayah Darfur, Sudan bagian barat, yang dilanda perang antara pasukan pemerintah Sudan dan warga pribumi sejak 2003.

Leave a Comment