Korvet Canggih Bergabung dengan Armada Pasifik Rusia

Vladivostok, JakartaGreater  –  Bendera St. Andrew Angkatan Laut Rusia dikibarkan di korvet project 20380, Aldar Tsydenzhapov, pada Jumat 25-12-2020, dirilis TASS.

Korvet buatan Amur Shipbuilding Plant ini, kini resmi menjadi unit organik Armada Pasifik. Upacara khusus dihadiri oleh orang tua Aldar Tsydenzhapov, yang tiba dari Buryatiya ke Vladivostok dengan penerbangan khusus, layanan pers Armada Pasifik mengatakan kepada TASS.

“Berdasarkan perintah yang dikeluarkan oleh Panglima Angkatan Laut, kapal itu dimasukkan dalam daftar kapal tempur Armada Pasifik,” kata rilis berita itu.

Korvet ini dinamai berdasarkan nama pelaut Aldar Tsydenzhapov yang berusia 19 tahun, yang pada September 2010 dengan mengorbankan nyawanya, menghentikan kebakaran di ruang mesin kapal perusak Armada Pasifik The Bystryi. Dia dianugerahi gelar Pahlawan Rusia secara anumerta.

“Setelah transfer kapal dan penerimaan ditandatangani, bendera St. Andrew dikibarkan di korvet. Upacara pelantikan dihadiri oleh Komandan Armada Pasifik Sergey Avakyants, gubernur Wilayah Primorye Oleg Kozhemyako, delegasi dari Pabrik Pembuatan Kapal Amur dan orang tua Tsydenzhapov dan kerabat lainnya, “kata layanan pers itu.

Para Avakyants berbicara kepada mereka yang hadir dengan mengingatkan akan tindakan heroik Aldar Tsydenzhapov, menghormati orang tua prajurit muda itu dan meminta awak kapal agar menghargai pendahulunya.

Pada 16 Juli 2020, korvet ini dibawa dari Komsomolsk-on-Amur ke Vladivostok, untuk melakukan 12 uji coba laut, antara lain menguji sistem kapal, mekanisme dan senjata, termasuk unit artileri universal 100mm A-190 dan artileri 6 barel AK-630.

Saat pengujian itu, korvet ini menghancurkan Rudal jelajah, target pesisir yang disimulasikan, benteng hipotetis musuh yang menjadi target, serta target bergerak.

Saat itu, satu Rudal jelajah anti-kapal diluncurkan dengan shipborne system untuk menghantam target permukaan. Para kru kapal ini, berlatih melakukan jamming elektronik dan menguji kompleks sistem anti pesawat/penerbangan mereka.

Upacara peletakan lunas untuk korvet Aldar Tsydenzhapov (proyek 20380), yang ketiga dari serangkaian korvet multiperan yang dibangun di Komsomolsk-on-Amur, berlangsung pada 22 Juli 2015. Bobot kapal adalah 2.200 ton, kecepatan – 27 knot dan daya tahan hingga 4.000 mil.

1 thought on “Korvet Canggih Bergabung dengan Armada Pasifik Rusia”