Jepang Mulai Kembangkan Pesawat Tempur Tak Berawak

JakartaGreater – Jepang telah mulai mengembangkan pesawat tempur  tak berawak, yang dikendalikan dari jarak jauh dan berencana untuk melengkapi militer dengan pesawat itu pada tahun 2035, sehubungan dengan kemajuan China dalam teknologi militer, ujar surat kabar Nikkei pada Jumat, 1 Januari 2021, dirilis Sputniknews.com.

Perusahaan Jepang Subaru dan Mitsubishi berpartisipasi dalam penelitian yang diperlukan untuk menciptakan pesawat tempur tak berawak tersebut.

Mitsubishi akan merancang sistem berbagi informasi antar pesawat, sementara Subaru akan mengembangkan kemampuan kendali jarak jauh dan penerbangan. Jepang juga mungkin bekerja sama dengan perusahaan dari Inggris atau Amerika Serikat, ujar Nikkei melaporkan.

Kementerian Pertahanan Jepang bertujuan untuk mengembangkan drone tempur dalam 3  tahap, membuat pesawat yang dikendalikan dari jarak jauh, kemudian menggabungkan operasi di mana satu pesawat berawak mengendalikan beberapa drone, dan merancang skadron yang sepenuhnya otonom.

Selain drone, Jepang bertujuan untuk mengembangkan jet tempur berawak generasi berikutnya pada tahun 2035.

Menurut surat kabar tersebut, China memiliki lebih dari 1.000 jet tempur generasi ke-4 yang mampu mencapai kecepatan Supersonik, 3 kali lebih banyak dari yang dimiliki Jepang.

Leave a Comment