Pemeliharaan Tank Support Beaver AVLB Yonkav 1 Kostrad

JakartaGreater – Pleton Har Yonkav 1 Kostrad melaksanakan pemeliharaan pada Kendaraan Tempur (Ranpur) Tank Support yakni AVLB dengan menggelar kesiapan Jembatan di Lapangan Apel Mayonkav 1 Kostrad Cijantung, Jakarta, Senin, 11/01/2021, dirilis IG Yonkav 1_kostrad.

Beaver AVLB (Armoured Vehicle Launched Bridge), adalah kendaraan taktis kavaleri yang punya kemampuan zeni.

Pemeliharaan Tank Support Beaver AVLB Yonkav 1 Kostrad (@Yonkav 1 Kostrad)

Dari segi identifikasi, Leopard 1 AVLB dikenal dengan nama resmi Bruckenlegepanzer Biber (Beaver) atau disingkat BRLPZ-1.

Beaver yang artinya berang-berang, merupakan binatang yang senang membuat bendungan.

Saat diturunkan, jembatan taktis darurat di Beaver AVLB memiliki panjang 22 meter dan dapat menjembatani rintangan selebar 20 meter, dengan dua meter sisanya merupakan panjang landasan yang menepek ke permukaan. Lebar jembatan enam meter, memadai untuk dilintasi MBT Leopard 1.

Pemeliharaan Tank Support Beaver AVLB Yonkav 1 Kostrad (@Yonkav 1 Kostrad)

Jembatan gunting yang dibawa Beaver memenuhi standar spesifikasi MLC50, atau menahan beban 50 ton, sesuai spesifikasi dasar Leopard 1.

Untuk menstabilkan saat menurunkan jembatan, sebilah dozer dipasang sebagai perlengkapan standar di bagian depan hull.

blank
Pemeliharaan Tank Support Beaver AVLB Yonkav 1 Kostrad

Jembatan diturunkan dengan sistem horizontal. Sistem jembatan sisi bawah digeser maju dengan bantuan hidrolik sampai bagian belakangnya sejajar dengan bagian depan jembatan di sisi atas.

Jembatan di sisi atas kemudian gantian diturunkan, sampai kedua sisi jembatan bertemu dan akhirnya saling mengunci membentuk satu jembatan utuh.

Setelah jembatan terbentuk, barulah jembatan diturunkan dan bisa dilintasi.

Sharing

Tinggalkan komentar