Turki Siap Beli Lagi S-400, Jika Ada ToT & Joint Production

JakartaGreater     –   Pada bulan Desember 2020, AS memberi sanksi kepada Turki atas akuisisi sistem pertahanan Rudal S-400 Rusia, sebuah langkah yang dikritik keras oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Namun, Ismail Demir, kepala Presidensi Industri Pertahanan Turki (SSB), telah mengisyaratkan kesiapan Ankara untuk membeli batch ke-2 sistem pertahanan udara S-400 Rusia dengan syarat transfer teknologi.

“Sejauh ini kami tidak melihat risiko, karena sanksi tambahan (AS) belum diberlakukan. Jika kami mau, kami dapat memiliki paket S-400 ke-2 secepat hari ini, tetapi penting bagi kami untuk produksi bersama dan transfer teknologi ”, ujar Demir dikutip oleh penyiar CNN Turki, pada Senin 11-1-2021, dirilis  Sputniknews.com.

Dia juga mengatakan bahwa sistem S-400 yang sebelumnya dikirim ke Turki “siap untuk operasi dan akan digunakan jika perlu”.

Selain itu, kepala Presidensi Industri Pertahanan Turki mengatakan terus bekerja dalam kerangka proyek untuk membuat jet tempur generasi ke-5 F-35, terlepas dari keputusan Washington sebelumnya untuk menangguhkan partisipasi mereka dalam program ini. .

Pernyataan itu muncul setelah AS menjatuhkan sanksi pada bulan Desember 2020 pada Demir dan SSB, serta pada 3 individu lainnya yang terkait dengan Presidensi Industri Pertahanan Turki. Sanksi tersebut melarang semua ekspor AS ke SSB dan membekukan aset orang yang ditunjuk.

Kesepakatan S-400.

Moskow dan Ankara menandatangani perjanjian pinjaman dana untuk pengiriman sistem S-400 pada Desember 2017, dan 2 tahun kemudian, Turki menerima beberapa baterai S-400 senilai $ 2,5 miliar.

Washington telah menentang perjanjian tersebut dan menuntut agar Turki membuang S-400 dan membeli sistem pertahanan udara Patriot AS sebagai gantinya.

AS juga mengancam akan menunda atau bahkan membatalkan penjualan pesawat tempur F-35 ke Turki dan memberikan sanksi kepada Ankara, mengklaim bahwa sistem Rusia tidak sesuai dengan standar NATO dan meningkatkan kekhawatiran keamanan. Baik Ankara dan Moskow telah menolak tuduhan tersebut dan melanjutkan negosiasi pada batch tambahan S-400.

1 thought on “Turki Siap Beli Lagi S-400, Jika Ada ToT & Joint Production”

  1. TOT rudalnya atau TOT sistemnya nih yg diminta Turkey.?
    Klo rudalnya ada 4 jenis rudal dlm System S-400.
    Klo TOT Systemnya yg komplek spt itu, kemungkinan Turkey hrs merogoh kocek lebih dalam lg. Gak mungkin cuma beli batch pertama dan kedua yg kemungkinan sejumlah $ 5 Billion dollar akan memdapat semuanya. Kok murah banget.

Leave a Comment