Siswa Dikmata Sekolah Artileri Latihan di KRI Ahmad Yani

JakartaGreater   –   Komando Armada II merupakan Kotama yang memiliki Unsur-unsur kebanggaan bagi para prajurit matra laut khususnya bagi prajurit yang masih menjalani masa pendidikan di Komando Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) Surabaya.

Salah satu unsur kebanggaan tersebut adalah KRI Ahmad Yani-351 yang menjadi tempat Latihan Praktek bagi Siswa Pendidikan Pertama Tamtama Prajurit Karir (Dikmata PK) Korps Pelaut, dirilis Pen Koarmada II, Selasa 12-1-2021.

Siswa Dikmata Sekolah Artileri Latihan di KRI Ahmad Yani

Siswa Dikmata dari Sekolah Artileri Kodiklatal ini melaksanakan pelatihan dan pendalaman materi tentang persenjataan atas air atau artileri dan bawah air yang dimiliki oleh KRI Kelas Ahmad Yani.

Direncanakan latihan praktek ini akan dilaksanakan selama 4 hari dan didampingi oleh Perwira Pelaut dan Prajurit korps Senjata Atas Air (SAA) dan Senjata Bawah Air (SBA).

Siswa Dikmata Sekolah Artileri Latihan di KRI Ahmad Yani

Kedatangan para Siswa Dikmata tersebut disambut langsung oleh Komandan KRI Ahmad Yani-351 dalam sebuah acara penyambutan yang dilanjutkan dengan ship tour untuk memperkenalkan berbagai macam persenjataan atas air yang dimiliki oleh KRI Ahmad Yani-351 diantaranya Meriam 76 mm, Meriam 12,7 mm, Peluru Kendali Harpoon dan Chaff.

Siswa Dikmata Sekolah Artileri Latihan di KRI Ahmad Yani

Selain itu dikenalkan pula persenjataan bawah air seperti Bom Laut dan Torpedo MK-44. Selain mendapatkan penjelasan tentang persenjataan, Siswa Dikmata juga berkesempatan melihat langsung proses loading amunisi Meriam 76 mm dan 12,7 mm serta tentang prosedur perawatannya.

Dalam pelaksanaan latihan praktek tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti yang telah ditekankan oleh Panglima Koarmada II Laksda TNI I N.G.

Sudihartawan untuk terus berupaya mencegah penularan Covid-19 dengan memberlakukan 3M (Mencuci tangan, Memakai masker dan Menjaga jarak).

Leave a Comment