Siswa Pendidikan Pertama Tamtama TNI AL Tes Samapta Akhir

JakartaGreater -Jelang masa berakhirnya Pendidikan, sebanyak 70 siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Diktmata) TNI AL angkatan ke-40 Gelombang 1 yang sedang menempuh pendidikan di Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Kodiklatal, melaksanakan tes Kesamaptaan akhir di Lapangan Dewaruci Kodiklatal Bumimoro, Surabaya, Jawa Timur, Selasa, 12/1/2021.

Ke-70 siswa Dikmata tersebut terdiri kejuaran Mesin, Listrik dan Angkutan yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Sekolah Tamtama (Seta) Pusdiktek Kodikdukum Kodiklatal. Kegiatan samapta akhir ini merupakan pelaksanaan dari sembilan prioritas kepemimpinan Kasal Laksamana TNI Yudho Margono, S.E., M.M yaitu pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman.

Siswa Pendidikan Pertama Tamtama TNI AL Tes Samapta Akhir

Pabanbdya Jasrek Ditum Kodiklatal Letkol Laut (KH) Slamet Basuki, S.Pd., M.Pd selaku penanggung jawab tes samapta mengatakan bahwa tes Samapta atau kesegaran jasmani akhir yang diperuntukan bagi siswa Dikmata ini merupakan rangkaian kegiatan program Pendidikan yang diselenggarakan Seta Pusdiktek sebelum berakhirnya program pendidikan.

“Nilai samapta ini bila digabungkan dengan nilai akademis dan kejuangan siswa sangat berpengaruh terhadap penentuan urutan rangking dan kelulusan siswa,” jelas pamen melati dua di pundak ini, dirilis Pen Kodiklatal.

Menurutnya, dalam menempuh pendidikan di Pusdiktek siswa melaksanakan dua kali tes samapta Jasmani. Dua tes tersebut adalah tes samapta awal yang dilaksanakan setelah pembukaan pendidikan kejuruan dan dan tes samapta Akhir yang dilaksanakan sebelum penutupan pendidikan.

Siswa Pendidikan Pertama Tamtama TNI AL Tes Samapta Akhir

Dalam tes samapta akhir ini, diharapkan para siswa menunjukan progres signifikan dilihat dari kesamaptaan jasmaninya. Harapan peningkatan ini dilihat dari berbagia kegiatan yang dilaksanakan selama siswa menempuh pendidikan di Pusdiktek yang selalu menjaga pembinaan fisik.

Adapun tes garjas tersebut lanjutnya, meliputi Baterai A, berupa lari selama 12 menit minimal menempuh 2.400 meter, Baterai B meliputi Pull Up sebanyak-banyaknya selama 1 menit, Sit Up selama 1 menit, Push Up selama 1 menit dan Shater Run (lari angka delapan).

Sharing

Tinggalkan komentar