Pemerintah India Setuju Produksi 83 Jet Tempur Tejas

JakartaGreater, India – Rapat Kabinet di bawah Ketua Perdana Menteri di New Delhi pada 13 Januari 2021, telah menyetujui pengadaan 73 pesawat tempur LCA Tejas Mk-1A dan 10 pesawat Trainer LCA Tejas Mk-1 dengan biaya Rs. 45.696 Crore, bersama dengan Desain dan Pengembangan Infrastruktur senilai Rs.1,202 Crore.

Varian Light Combat Aircraft Mk-1A adalah pesawat tempur generasi 4+ yang dirancang, dikembangkan dan diproduksi secara lokal. Dengan demikian, kesepakatan ini akan menetapkan pemerintah India membeli 83 pesawat LCA MK1A Tejas light combat aircraft.

Pesawat Tejas ini dilengkapi dengan kemampuan operasional kritis dari Active Electronically Scan Array (AESA) Radar, Beyond Visual Range (BVR) Missile, Electronic Warfare (EW) Suite dan Air to Air Refueling (AAR) akan menjadi platform yang kuat untuk memenuhi persyaratan operasional Angkatan Udara India, IAF, dirilis situs Press Information Bureau India, 13/1/2021.

Ini adalah pengadaan pesawat tempur kategori “Beli (Indian-Indigenously Design, Developed and Manufactured)” pertama dengan kandungan asli 50% yang secara bertahap akan mencapai 60% pada akhir program.

Kabinet juga telah menyetujui pembangunan infrastruktur oleh IAF di bawah proyek untuk memungkinkan mereka menangani perbaikan atau servis di depot pangkalan mereka sehingga waktu penyelesaian akan berkurang untuk sistem kritis misi dan akan mengarah pada peningkatan ketersediaan pesawat untuk eksploitasi operasional.

pesawat tempur tejas india
Pesawat Tempur Tejas India. (@ Venkat Mangudi – commons.wikimedia.org)

Ini akan memungkinkan IAF untuk mempertahankan armada secara lebih efisien dan efektif karena ketersediaan infrastruktur perbaikan di pangkalan masing-masing.

Di bawah Atmanirbhar Bharat Abhiyaan, India terus tumbuh dalam kekuatannya untuk merancang, mengembangkan, dan memproduksi teknologi dan sistem mutakhir di Sektor Pertahanan.

Pembuatan Pesawat Tempur Ringan oleh Hindustan Aeronautics Limited, HAL akan memberikan dorongan lebih lanjut kepada inisiatif Atmanirbhar Bharat dan meningkatkan pribumisasi produksi pertahanan dan industri pertahanan di negara ini.

Sekitar 500 perusahaan India termasuk UMKM di sektor desain dan manufaktur akan bekerja sama dengan HAL dalam pengadaan ini. Program ini akan bertindak sebagai katalisator untuk mengubah ekosistem manufaktur kedirgantaraan India menjadi ekosistem mandiri Atmanirbhar yang dinamis.

Leave a Comment