KRI Fatahillah dan KRI Badik Latihan di Laut Sulawesi

JakartaGreater  –   KRI FTH (Fatahillah)-361 dan KRI BDK (Badik)-623 dari unsur satuan tugas pengamanan perbatasan RI-Malaysia, di bawah kendali Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada II, melaksanakan tugas operasi latihan bersama, Jumat 15-1-2021 di laut Sulawesi. dirilis Dispen Koarmada II.

Latihan bersama yang digelar oleh 2 unsur KRI ini, sebagai tindak lanjut dari perintah Komandan Guspurla Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo agar seluruh Unsur KRI senantiasa menjaga kesiapsiagaan tempur kapal masing-masing dan melatih uji terampil dari semua prajuritnya selama melaksanakan tugas operasi dibawah kendali BKO Guspurla Koarmada II.

latihan bersama 2
KRI FTH-361 dan KRI BDK-623 Latihan Bersama di Medan Operasi

Komandan KRI FTH-361 Letkol laut (P) Ahmad Ahsan menyampaikan “Pada latihan bersama yang digelar saat ini, kami melaksanakan latihan flash exercise dan flaghoist exercise yaitu latihan komunikasi dengan menggunakan isyarat lampu dan isyarat bendera serta Air defence exercise atau latihan pertahanan udara.

latihan bersama 4
KRI FTH-361 dan KRI BDK-623 Latihan Bersama di Medan Operasi

Latihan komunikasi isyarat ini digelar sebagai bentuk antisipasi jika terjadi Black Out (Alat peralatan mati/tidak bisa dioperasikan) saat melaksanakan tugas operasi di tengah laut” jelas Letkol laut (P) Ahmad Ahsan.

Latihan bersama untuk meningkatkan profesionalisme prajurit ini merupakan implementasi dari program Prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono tentang Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang Unggul.

latihan bersama
KRI FTH-361 dan KRI BDK-623 Latihan Bersama di Medan Operasi

Dalam pelaksanaan latihan bersama di medan operasi tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti yang telah ditekankan oleh Panglima Koarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan guna mencegah penularan Covid-19 serta tetap menjaga kesehatan seluruh prajurit agar mampu melaksanakan tuntutan tugas dengan stamina prima.

Leave a Comment