Pesawat TNI AU Angkut Bantuan dan Evakuasi Korban Bencana

JakartaGreater  –  Pesawat milik TNI AU Jenis C-130 Hercules A-1330 kembali mengevakuasi warga terdampak gempa bumi pada, Rabu, 20-1-2021, dari Mamuju ke Makassar, setelah mengangkut bantuan sosial kurang lebih 10 ton untuk korban bencana banjir dan gempa bumi dari Lanud Halim Perdanakusuma ke Lanud Syamsudin Noor Banjarmasin dan Bandara Tampa Padang Mamuju, dirilis situs TNI AU.

Pesawat yang diterbangkan oleh Mayor Pnb Yayan serta copilot Lettu Pnb Tegar dan Letda Pnb Gede adalah pesawat dari Skadron Udara 33 Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin. Pesawat tersebut lepas landas dari Bandar Udara Tampa Padang Mamuju menuju Lanud Sultan Hasanuddin dengan mengevakuasi 65 orang pengungsi.

Ada 1 orang pengungsi yang sakit atas nama Muhammad Ali, karyawan TVRI Mamuju, yang besangkutan mengalami sakit jantung dan ginjal, langsung dijemput dengan menggunakan mobil ambulace milik TNI AU dan diantar ke Rumah Sakit TNI AU dr. Doddy Sardjoto kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar.

Semua pengungsi yang dievakuasi sebelum naik pesawat, sudah menjalani Rapid Test oleh Petugas Kesehatan dari Rumkit TNI AU dr. Doddy Sardjoto, yang bertugas di Bandara Tanpa Padang Mamuju.

Pengungsi yang telah turun dari pesawat langsung diarahkan ke Base Ops Lanud Sultan Hasanuddin untuk dilakukan pendataan dan pecatatan, setelah itu diarahkan menuju Pos Pomau Lanud Sultan Hasanuddin untuk menunggu keluarga yang menjemput.