India Sukes Uji Rudal Penghancur Lapangan Udara

India membuat tonggak sejarah lainnya, setelah lembaga DRDO India berhasil menguji rudal pintar penghancur lapangan udara atau Smart Anti-Airfield Weapon (SAAW), yang dikembangkan di dalam negeri dan diluncurkan oleh pesawat Hawk-I milik Hindustan Aeronautics Limited (HAL), di lepas pantai Odisha, pada 21 Januari 2021.

Senjata pintar itu berhasil diuji tembak dari Indian Hawk-Mk132 milik HAL. Ini adalah misi SAAW ke-9 yang berhasil dilakukan oleh DRDO hingga saat ini.

Itu adalah peluncuran yang mengikuti prosedur (text book), yang memenuhi semua tujuan misi. Sistem telemetri dan pelacakan yang dipasang di Interim Test Range (ITR), menangkap semua peristiwa misi, dirilis situs Kementerian Pertahanan India, 22/1/2021.

Rudal pintar SAAW dirancang dan dikembangkan oleh DRDO’s Research Center Imarat (RCI) Hyderabad. Ini adalah senjata pintar kelas 125 Kg, yang mampu menghancurkan aset lapangan udara musuh di darat seperti radar, bunker, jalur taksi pesawat, landasan pacu, dan lain sebagainya, dari\jarak 100 km.

Pesawat Hawk-I yang menguji rudal SAAW India(@Hindustan Aeronautics Limited
– HAL)

Rudal India atau Bom berpemandu presisi tinggi ini, lebih ringan dibandingkan dengan sistem senjata di kelas yang sama. Senjata itu sebelumnya berhasil diuji coba dari pesawat Jaguar.

Dr G Satheesh Reddy, Sekretaris DDR & D & Ketua DRDO mengucapkan selamat kepada tim yang terlibat dalam uji coba yang sukses.

Pesawat Hawk-I adalah program yang didanai secara internal oleh perusahaan HAL. Perusahaan ini menawarkan peningkatan kemampuan tempur pesawat Hawk kepada Angkatan Bersenjata India, dengan mengubahnya menjadi pelatih jet canggih yang memberikan pelatihan tentang sensor dan senjata di masa damai, namun menjadi platform tempur yang kuat selama konflik. HAL sedang berdiskusi dengan Angkatan Bersenjata India untuk integrasi berbagai senjata di platform Hawk.

Sharing

Tinggalkan komentar