Pangdam XIII/Merdeka Lapor ke Kasad soal Penanganan Bencana

??Manado, JakartaGreater  – Penanggulangan dan pemulihan pascabencana yang dilaporkan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos G. Matondang mendapatkan apresiasi Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa saat konferensi video pada  Sabtu 23-1-20-21 di Ruang Yudha Kodam XIII/Merdeka, Manado.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XIII/Merdeka Kolonel Kav M. Jaelani mengatakan pergerakan personel dalam rangka penanggulangan bencana alam di Kota Manado beserta hasilnya yang dilaporkan Pangdam XIII/Merdeka mendapatkan apresiasi dari KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa.

“Apresiasi diberikan KASAD atas pencapaian Kodam XIII/Merdeka dalam penanggulangan bencana alam di Kota Manado,” ujar Kolonel Kav M. Jaelani, dirilis Antara, Minggu 24-1-2021.

Ia menjelaskan bahwa yang menjadi apresiasi KASAD atas upaya Kodam XIII/Merdeka dalam menanggulangi bencana alam, yaitu upaya-upaya kodam dalam memulihkan situasi pascabencana alam, di antaranya pembersihan rumah warga, pembersihan jalan, pendataan warga, pengevakuasian warga, dan pendistribusian logistik.

“Adapun yang menjadi apresiasi KASAD terhadap Kodam XIII/Merdeka yaitu tanggapnya Pangdam XIII/Merdeka dalam menanggulangi bencana alam yang terjadi di Kota Manado,” katanya.

Pada konferensi video tersebut, Pangdam Santos G. Matondang didamping beberapa pejabat Kodam XIII/Merdeka, di antaranya Kasdam Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong, para asisten dan kabalak Kodam XIII/Merdeka serta Dandim 1309/Manado.

Pada Jumat 22-1-2021, Kota Manado dan sekitarnya terjadi curah hujan yang tinggi dan mengakibatkan sejumlah wilayah banjir dan terjadi tanah longsor.