Kapal Induk AS Memasuki Laut China Selatan

Moskow, JakartaGreater – Kapal induk AS telah memasuki laut China Selatan untuk operasi rutin, ujar Komando Indo-Pasifik AS (INDOPACOM) mengumumkan pada hari Minggu 24-1-2021 di tengah meningkatnya ketegangan antara China dan Taiwan.

“Theodore Roosevelt Carrier Strike Group (TRCSG) memasuki Laut Cina Selatan 23 Januari 2021 untuk melakukan operasi rutin.

TRCSG kini dalam penempatan terjadwal ke Armada ke-7 AS untuk memastikan kebebasan laut, membangun kemitraan yang mendorong keamanan maritim, dan melakukan berbagai operasi, “kata INDOPACOM dalam sebuah pernyataan, dikutip Sputniknews.com, Minggu, 24-1-2021.

Taiwan, yang dianggap Beijing sebagai bagian dari wilayahnya, baru-baru ini menuduh China melanggar zona identifikasi pertahanan udara pulau itu.

Pada hari Sabtu 24-1-2021, Departemen Luar Negeri AS mengatakan Washington akan memperkuat hubungan dengan Taiwan dan meminta pihak China untuk menghentikan dugaan tekanan militer, diplomatik, dan ekonomi terhadap Taiwan.

Utusan Taiwan untuk Amerika Serikat Hsiao Bi-khim hadir dalam upacara pelantikan Presiden AS Joe Biden Rabu 20-1-2021, menandai perwakilan resmi pertama Taiwan di Washington sejak AS memutuskan hubungan diplomatik dengan Taipei lebih dari 40 tahun lalu.

AS, bersama dengan banyak negara lain, tidak mengakui Taiwan sebagai negara yang berdaulat dan secara resmi berpegang pada kebijakan “Satu China”.

Namun demikian, Washington tetap menjalin hubungan informal dengan pulau itu setelah memutuskan hubungan diplomatik dengannya pada 1979.

China, yang memandang Taiwan sebagai Provinsinya yang memisahkan diri, merasa tidak nyaman atas kerjasamanya dengan Washington, terutama di bidang pertahanan.

Tinggalkan komentar