19 Prajurit Ikuti Pendidikan Komando Pasukan Katak

JakartaGreater – Sebanyak 19 Prajurit Calon Pasukan Khusus TNI Angkatan Laut, program Pendidikan Komando Pasukan Katak (Dikkopaska) yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Sekolah Komando Pasukan Katak (Sekopaska), Pusat Pendidikan Khusus (Pusdiksus), Kodikopsla Kodiklatal, dengan melakukan Latihan Praktik (Lattek) problem Pelolosan dan pengejaran dengan cara lintas medan, di wilayah Jawa Timur, Selasa, 26/1/2021.

Latihan dan Praktik Problem Pelolosan dan pengejaran dengan cara lintas medan ini diawali dari daerah Lecen kabupaten Banyuwangi hingga berakhir di daerah Argopura Kab Probolinggo, di bawah kendali langsung Komandan Sekolah Pasukan Katak (Dansekopaska) Letkol Laut (KH) Kemas, yang juga sebagai Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Lattek Siswa Dikkopaska TNI AL, dirilis Pen Kodiklatal TNI AL.

19 Prajurit Ikuti Pendidikan Komando Pasukan Katak

Di sela sela kegiatan Dansekopaska Letkol Laut (KH) Kemas menyampaikan bahwa problem Pelolosan dan pengejaran tersebut mengambil route medan yang sangat ekstrem, di mana route yang berupa tebing, hutan dan gunung ini tidak bisa dilalui oleh kendaraan jenis apapun. Tingkat kerumitan latihan ini memburtuhkan tenaga, fisik dan stamina yang prima bagi para peserta latihan.

19 Prajurit Ikuti Pendidikan Komando Pasukan Katak

Lebih lanjut Pamen melati dua di pundak yang sudah menemani latihan selama dua bulan ini menyampaikan walau medan yang cukup sulit tetapi dirinya dan tim pelatih tetap mengutamakan keselamatan personil peserta latihan, dengan menempatkan tim kesehatan di beberapa pos yang dilewati. Selain menempatkan tim kesehatan di Pos, dalam lattek juga menyertakan pelatih untuk mendapingi siswa selama dalam perjalanan.

19 Prajurit Ikuti Pendidikan Komando Pasukan Katak

Sebelum melepas siswa dalam problem tersebut Dansekopaska berpesan bahwa latihan ini akan menguras tenaga dan energi para siswa, dirinya yakin bebekal latihan dan pembinaan fisik yang baik selama di Sekopaska para siswa akan mampu menyelesaikan latihan dengan baik.

Dansekopaska ini juga menyampaikan selain problem Pelolosan dan pengejaran para siswa juga melaksanakan problem lainya antara lain Kepaskaan, Peperangan Laut Kusus yaitu peluncuran dari tabung torpedo kapal selam, renang tempur Case and Recovery dari kapal cepat dan dari helikopter hingga Keparaan (Para).