Tangki Baru untuk Tingkatkan Kemampuan Roket China

Long March 3B roket 1

Beijing, JakartaGreater – China telah mengembangkan 2 prototipe tangki roket baru yang dapat membantu mengurangi bobot roket serta meningkatkan kapabilitas peluncuran, ujar China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC), dirilis Xinhua, Rabu, 27-1-2021.

Kedua prototipe baru dikembangkan oleh Akademi Teknologi Wahana Peluncur China (China Academy of Launch Vehicle Technology) yang berada di bawah naungan CASC.

Tank roket ini memiliki diameter 3,35 meter dengan salah satunya terbuat dari logam campuran aluminium lithium sementara yang lainnya terbuat dari bahan komposit.

Tangki roket dengan logam campuran litium aluminium berbobot 15 persen lebih ringan dan 30 persen lebih kuat dibandingkan tangki konvensional yang terbuat dari logam campuran tembaga aluminium.

Tangki ini telah lolos beberapa tahap pengujian dan menunjukkan kinerja yang baik, serta telah memenuhi persyaratan untuk aplikasi teknik.
Rencananya, tangki itu akan digunakan untuk roket pengangkut, meningkatkan efisiensi struktural dan daya dukung Long March-5, Long-March 7, Long-March 8, serta roket lainnya.

Selain itu, tangki tersebut juga akan menjadi fondasi bagi pengembangan roket kelas berat dengan diameter yang lebih besar dan roket berawak generasi baru. Prototipe tangki roket yang terbuat dari bahan komposit akan digunakan terutama di lingkungan oksigen cair.

Dibandingkan dengan tangki roket yang terbuat dari logam, tangki berbahan komposit berbobot lebih ringan sekitar 30 persen, serta memiliki kekuatan dan daya tahan yang lebih baik.

Tangki tersebut juga memiliki keuntungan dengan proses produksi yang lebih sedikit dan siklus produksi yang lebih pendek, yang akan membantu mengurangi biaya roket. Saat ini, para peneliti tengah melakukan serangkaian tahap pengujian dan evaluasi pada tangki itu, menurut CASC.

Leave a Reply