Calon Pasukan Khusus TNI AL Berenang Tangan Kaki Terikat

Surabaya, JakartaGreater – Sebagai calon pasukan khusus TNI AL diperlukan kemampuan perorangan di atas rata-rata prajurit lainya.

Hal ini seperti yang dilaksanakan Siswa Pendidikan Intai Amfibi (Diktaifib) Marinir Angkatan XLVII tahun 2020 Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar), Komando Pembinaan Doktrin pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) yang berenang dalam kondisi tangan dan kaki terikat.

Berenang dengan kondisi tangan dan kaki terikat ini merupakan bagian dari Latihan dan Praktik (Lattek) Kelautan yang dilaksanakan di Puslatpur Marinir, Pantai Tanjung Jangkar Banongan Situbono, Jawa Timur, Senin, 1-2-2021, dirilis Pen Kodiklatal.

Adapun Lattek kelautan ini diikuti 39 prajurit Siswa Diktaifib yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Sekolah Khusus Marinir (Sesusmar) di bawah Pusat Pendidikan Infanteri (Pusdikif) Kodikmar Kodiklatal.

Calon Pasukan Khusus TNI AL berenang dengan tangan dan kaki terikat

Latihan yang belangsung selama 20 hari dipimpin Komandan Sesusmar Pusdikif Letkol Mar Mintarjo sekaligus sebagai Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) lattek Siswa Diktaifib Marinir Angkatan XLVII Ta 2020.

Di sela-sela Pelaksanaan Lattek Dansesusmar Pusdikif Letkol Mar Mintarjo menyampaikan bahwa Lattek kelautan ini terdiri beberapa materi diantaranya berenang dalam kondisi tangan dan kaki terikat, materi lainya adalah renang jarak jauh dari pantai Tanjung jangkar hingga pantai Gatel Banongan, renang rintis, penyeledikan pantai, Raid Amphibi, Long Range Navigation, Cast and Recoveri dan Search and Rescue.

Menurtnya untuk latihan lokasi di laut selain lattek kelautan di perairan Tanjung Jangkar Situbondo Siswa Diktaifib ini juga akan melaksanakan latihan laut ditempat lain yakni di perairan Lampon Banyuwangi dengan materi renang menembus Gelombang, mendayung menembus gelombang, pengintaian khusus dan latihan berganda lainya dalam tahap Intai Amphibi.

Selain menyampaikan materi dalam pelaksanaan latihan, dihari yang sama Dansesusmar Pusdikif Kodikmar ini juga memerintahkan kepada para instruktur, pelatih dan personil pendukung lainya agar mengutamakan keselamatan personil dan material, mengingat saat ini musim penghujan dan Kondisi laut sulit ditebak kadang muncul gelombang besar.

Lattek Siswa Siswa Diktaifib Marinir Angkatan XLVII Ta 2020 ini merupakan pelaksanaan dari perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M dalam upaya membangun Sumber Daya Manusia TNI Angkatan laut yang unggul dan profesional serta tangguh mengadapi segala ancaman.

 

Sharing

Tinggalkan komentar