Messi dan Griezmann Tuntaskan Revans atas Bilbao

JakartaGreater – Lionel Messi dan Antoine Griezmann menuntaskan revans Barcelona atas Athletic Bilbao ketika Blaugranas mengalahkan tamunya itu dengan skor 2-1 dalam laga pekan ke-21 Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Minggu waktu setempat atau Senin 1-2-2021 WIB, dirilis Antara.

Lionel Messi, yang diganjar kartu merah ketika Barcelona dikalahkan Bilbao dalam final Piala Super Spanyol, menuntaskan sendiri kesumatnya dengan membuka keunggulan tuan rumah lewat eksekusi tendangan bebas khasnya pada menit ke-20.

Barcelona gagal menambah keunggulan hingga turun minum karena penyelesaian akhir mereka melempem dan hal itu tampak akan dibayar mahal sebab empat menit memasuki babak kedua Bilbao mampu menyamakan kedudukan akibat gol bunur diri Jordi Alba.

Alba berusaha membuang umpan silang berbahaya kiriman Raul Garcia di area tiang jauh, tetapi ia malah menyontek bola ke dalam gawang Barcelona sendiri, mengubur keunggulan tim besutan Ronald Koeman.

Barcelona hampir merestorasi keunggulan pada menit ke-58 ketika Griezmann mengirim umpan silang yang disambut oleh tandukan Miralem Pjanic, tetapi kiper Unai Simon mampu mengamankan gawangnya.

Lantas pada menit ke-69 Ousmane Dembele dibuat berang karena wasit Antonio Miguel dan VAR mengabaikan protesnya setelah ia dijatuhkan oleh Iker Muniain di dalam kotak penalti Bilbao.

Kerja keras Barcelona akhirnya membuahkan hasil lima menit berselang saat Griezmann menyambut umpan tarik Oscar Mingueza dengan tembakan keras tanpa memberi kesempatan Simon melakukan halauan dan tuan rumah kembali memimpin 2-1.

Kedudukan itu bertahan setelah sisa waktu berlalu tanpa ada peluang berarti dari kedua tim dan Barcelona merangsek naik ke posisi kedua menggusur Real Madrid berbekal keunggulan selisih gol kendati kedua tim sama-sama mengoleksi 40 poin.

Sedangkan Bilbao (24) yang kini sudah delapan pertandingan tandang beruntun tak merasakan kemenangan melorot ke urutan ke-11, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Di pertandingan selanjutnya Bilbao akan bermain pada Sabtu 6-2-2021 nanti menjamu Valencia di San Mames, sedangkan Barca baru tampil sehari berselang di markas Real Betis.

Namun, sebelum itu kedua tim akan melakoni laga perempat final Copa del Rey, saat Barcelona melawat ke kandang Granada pada Rabu 3-2-2021 dan sehari kemudian Bilbao bertandang ke markas Betis.