Short Course on Managing Defense oleh Unhan dan Kedubes Inggris

JakartaGreater  – Universitas Pertahanan (Unhan) bekerjasama dengan Kedutaan Besar Inggris melaksanakan Short Course on Managing Defense in a Wider Security Contex (MDWSC) Tahun 2021, mulai tanggal 1 sampai 5 Februari 2021, di Hotel Mandarin Jakarta via daring.

Pembukaan kursus diawali sambutan Duta besar Kerajaan Inggris Owen Jenkins, dan Keynote Speaker Menhan RI H. Prabowo Subianto diwakili Wakil Menteri Pertahanan RI Letnan Jenderal TNI Muhammad Herindra didampingi Rektor Unhan Laksamana Madya TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD., CIQnR, CIQaR., IPU serta Sekretaris Pertama Pertahanan dan Keamanan Kedutaan Kerajaan Inggris Christian Ayres, dirilis Situs Kemhan RI, Rabu 3-2-2021.

Kursus singkat ini meghadirkan narasumber yaitu :

  1. Hari pertama dan ke-2 Dr Gemma Colantes Celador topik Conceptualising Security at the Global, Regional and National levels dan Lt Col Darren Hughes topik The Strategic Context dan topik Policy Formulation, Implementation and Review (to include the political direction of defence and security) dan topik Strategy and trategy Development (Lecture) (part of the political direction of defence and security).
  2. Hari Ke-3 Lt Col Darren Hughes topik Strategic Communications dan Dr John McCormack topik Operationalising Strategy (to include defence management/challenges and performance measurement).
  3. Hari ke-4 Dr Gemma Collantes Celador) topik Governance of the Security Sector dengan Dr John McCormack topik Risk Management.
  4. Hari ke-5 dengan narasumber Dr Gemma Collantes Celador topik Civil-Military, Civil-Security Relations (to include relative roles).

Dalam Keynote Speaker Menhan RI yang dibacakan oleh Wakil Menhan RI menyampaikan kursus singkat Managing Defense in a Wider Security Contex (MDWSC) sebuah program hasil kerja sama bilateral antara Kemhan RI dan Kementerian Pertahanan Kerajaan Inggris Raya, yang dalam hal ini diwakili oleh Kantor Atase Pertahanan Kerjaan Inggris Raya di Jakarta.

Hal ini menunjukan bahwa hubungan baik antara ke-2 Kementerian Pertahanan terjalin dengan sangat erat, yang didasari prinsip saling menghormati dan saling memberi manfaat pada setiap kegiatan yang dilaksanakan secara bersama-sama.

Menurut Rektor Unhan, Kerja sama dalam kegiatan short course ini menunjukkan hubungan yang baik antara Kementerian Pertahanan RI dan Kementerian Pertahanan Kerajaan Inggris Raya dengan prinsip saling menghormati dan berjasa pada setiap kegiatan yang telah dilakukan bersama.

Short Course on Managing Defense oleh Unhan dan Kedubes Inggris. (@Kemhan RI)

Tujuan the short course on managing defence in a wider security context (MDWSC) adalah untuk meningkatkan kapasitas perwira TNI dan aparatur terkait keamanan seta meningkatkan kerja sama antara Kementerian Pertahanan Indonesia, Kementerian Pertahanan Kerajaan Inggris Raya, Universitas Pertahanan dan Cranfield University.

Kursus singkat ini juga merupakan salah satu bentuk kerja sama antara Unhan dengan Cranfield University yang diikuti oleh 50 peserta kursus diantaranya dari Kemhan, Unhan, Mabes TNI dan Angkatan, Kementerian/Lembaga antara lain Kemenpolhukam, Kemenlu, Kemendagri, Kemendikbud, Kemen KKP, BIN, BNN, BSSN, BNPT, BNPP, BNPB, Bakamla, BPPT, Wantanas, Lemhanas, Lemdiklat Polri, LIPI, Pemprov DKI, Pemprov Bogor dan KPK.

Pejabat Unhan yang hadir pada saat pembukaan adalah Warek I Unhan Mayjen TNI Dr. Jonni Mahroza, S.I.P., M.A., M.Sc., CIQnR., CIQaR, Warek III Unhan Laksda TNI Benny Rijanto Rudy S., M.B.A., Dekan FMP Unhan Laksma TNI Dr. Kasih Prihantoro, S.E., M.M., M.Tr.(Han), Wadek FKN Unhan Laksma TNI Dr. Endro Legowo, S.E., M.A.P dan Wadek FMP Marsma TNI Anton Iman Santosa, S.E., MMgtStud., M.Si (Han)., CIQaR sekaligus merangkap sebagai ketua panitia.