Jul 022017
 

Dok. Helikopter AS 365 N3+ Dauphin Basarnas

Semarang – Petugas gabungan telah mengevakuasi tiga korban tewas jatuhnya helikopter Basarnas Jawa Tengah, yang jatuh di Candiroto, Kabupaten Temanggung, Minggu sore, 2/7/2017.

“Kita sedang evakuasi, saat ini tiga yang bisa dievakuasi,” ujar Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Djarod Padakova, dilansir ANTARA, 2/7/2017.

Namun, Kombes Pol Djarod belum bisa menjelaskan identitas ketiga korban tewas tersebut.

Termasuk jumlah seluruh korban yang diduga tewas dalam kecelakaan nahas tersebut.

Sebelumnya, helikopter jenis Dauphin milik Basarnas terjatuh di Kabupaten Temanggung.

Helikopter ini sebelumnya disiagakan di pintu keluar tol Gringsing, Kabupaten Batang, selama arus mudik dan balik Lebaran.

Helikopter rencananya bertolak ke Banjarnegara untuk membantu proses evakuasi letusan Kawah Sileri di kawasan Dieng.

Evakuasi Korban

Kementerian Sosial mengerahkan seluruh Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Temanggung untuk melakukan evakuasi terhadap Helikopter Basarnas yang mengalami kecelakaan di Temanggung, Jawa Tengah.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos Adhy Karyono langsung memerintahkan Tagana Kota Temanggung, untuk melakukan pencarian dan evakuasi korban begitu mendengar informasi tersebut dari radio komunikasi masyarakat.

“Saya langsung instruksikan Tagana setempat ke lokasi jatuhnya heli. Mereka bersama sama dengan TNI, Polri dan masyarakat melakukan pencarian dan melakukan evakuasi. Korban sementara dua orang meninggal dunia, kondisi helikopter rusak parah,” ujar Adhy Karyono.

Adhy mengatakan kecelakaan yang terjadi di atas Desa Canggal Bulu, Kecamatan Candiroto, Perbukitan Gunung Butak sekitar pukul 16.00 WIB. Namun, dia belum mendapatkan informasi secara detail berapa jumlah penumpang dalam heli tersebut.

Dia menambahkan masyarakat diharapkan tidak mendekat lokasi karena masih ada bahan bakar heli yang bisa membahayakan. Untuk itu, mereka harus menunggu kedatangan pihak berwajib.

“Masyarakat belum berani mendekat mengevakuasi korban, menunggu pihak yang berwenang,” katanya.

Adhi mengatakan BPBD Temanggung dan relawan juga sudah menuju ke lokasi kecelakaan. “Tim BPBD Temanggung dan relawan sudah merapat ke TKP,” ujarnya.

  11 Responses to “3 Korban Helikopter Basarnas yang Jatuh Dievakuasi”

  1. inalillahi wa ina ilaihi rajiun,semoga jasanya di balas oleh ALLAH SWT

  2. Walah brp M lg ini terbuang sia2?

  3. Turut berduka cita.

  4. Mau nolong bencana malah kena bencana smoga khusnul katimah.

  5. Udah kayak film warkop dki… Mau nolongin korban bencana.,ehh malah jadi korban bencana.

  6. inalillahi wa ina ilaihi rajiun,semoga jasanya di balas oleh ALLAH SWT dan Semoga keluarga yg ditinggalkan di beri ke ikhlasan dan kesabaran.. AMIIN..

  7. Kasian nya ya allah

 Leave a Reply