3 Rahasia Xi Jinping untuk Jokowi

59
170
Presiden Jokowi dan Xi Jinping
Presiden Jokowi dan Xi Jinping

Jakarta – Pengalaman berkunjung selama beberapa hari ke Tiongkok dan bertemu dengan Presiden Xi Jinping ternyata membekaskan pengalaman tersendiri bagi Presiden Joko Widodo.

Saban makan malam, Presiden Jokowi bilang selalu duduk bersisian dengan Presiden Jinping. Dalam kesempatan itu dia bertanya kunci rahasia kesuksesan Tiongkok menjadi salah satu raksasa ekonomi dunia.

“Saya tanya ke Jinping, beri tiga kunci sukses kenapa Tiongkok seperti sekarang, tiga saja, kalau kebanyakan saya pusing,” kata Jokowi, menirukan pertanyaannya, di hadapan para bankir, di Jakarta, Kamis (20/11) malam.

Jokowi lantas mengungkapkan jawaban Jinping. Sang Presiden negeri Tirai Bambu mengatakan kuncinya, pertama, partai yang bersatu. “Semua menatap arah yang sama, bukan ke barat, timur, utara, dan atas bawah,” tutur Jokowi menirukan Jinping.

Kedua, adanya gagasan dan mimpi besar. Misalnya kalau membuat pelabuhan, siapkan 2.000-3.000 hektare lahan. Jokowi mengakui cara ini sulit. Dia memberikan contoh di Tanjung Priok, harga tanah sudah Rp 30 juta per meter.

Kalau membeli tanah 30 hektare saja sudah membutuhkan Rp 200 triliun. “Untung bisa reklamasi, ongkosnya paling 5-6 juta,” katanya,

Lalu rahasia ketiga, kata Jokowi menirukan Jinping, adalah membangun segera infrastruktur untuk konektivitas, hub antarkota, antarprovinsi, dan antarpulau. Seharusnya di Indonsia itu sudah dimulai 20 tahun lalu, di saat tanah dan ongkos kontraktor masih murah. Sekarang, kata Presiden, semuanya sudah mahal.

Jokowi membenarkan bahwa rahasia Tiongkok itu banyak benarnya. Oleh sebab itu dia mengatakan pembangunan infrastruktur dan investasi harus digenjot, sembari mengalihkan subsidi bahan bakar minyak (BBM) ke sektor produktif.

Dia bilang subsidi BBM yang bisa mencapai Rp 300 triliun per tahun itu sangat boros. Jadi tahun depan yang dibutuhkan RI adalah subsidi pangan, jaringan kereta api, jalan tol, dan waduk.

Lebih lanjut Jokowi mengungkapkan bahwa dia sempat juga bertanya hal lain kepada Presiden Jinping. “Mengapa Tiongkok berani membuka lebar investasinya, apa tidak takut dikuasai asing?” katanya.

Jawaban Jinping, kata Jokowi, membuatnya terkaget-kaget. “Suatu saat barang itu pasti kembali ke negara kita,” katanya, menirukan jawaban Jinping. “Mestinya antikapitalis bisa diukir dengan cara itu,” ujar Jokowi, mengakhiri.(CNN Indonesia).

59 KOMENTAR

    • Yang paling otentik utk ditiru yg ke 3, interkoneksi daerah…implementasinya tol laut…kt lihat sj 5 th kedepan spt apa hasilnya; kita dukung yg positif…
      Kalau politikus bersatu…dalam artian kepentingan golongan rasa2nya sulit…krn kita memilih multipartai….yg pas kalau bisa dirumuskan kepentingan bersama/nasional yg jd konsensus bersama…., trus soal agraria….mustahil ditiru….makan bener jg kan kata lie kuan yu mantan pm singapura…
      .asia tdk butuh demokrasi….tp butuh rakyat yg disiplin…..itu…..lagipula xi ping itu generasi penerus…arsitek sesungguhnya ya lihat china 20 tahun lalu siapa?

  1. Nah skrg waktunya kerja kerja kerja.
    klo kita bw mobil, lihat kaca depan lebih penting dari pd melihat kaca spion artinya masa depan lebih penting daripada masa lalu.
    masa lalu sbg pelajaran untuk kita meraih masa depan.
    bekerja, ihtiar, berdoa untuk nusa dan bangsa.
    pelajaran dari papa panda, papa bear , papa sam dll sdh cukup . Waktunya kita bekerja.

    • Kalau saya pribadi, karena saya nyetir sendiri belum mampu bayar sopir maka kaca spion adalah salah satu instrumen penting yg harus saya perhatikan… karena saya akan tahu apakah anak saya mengeluarkan sebagian anggota tubuhnya atau tidak yg bisa mengakibatkan kejadian fatal, selain itu saya bisa melihat kendaraan dibelakang apabila ingin berputar atau berbelok arah…

    • @joko, SBY pribadi yg baik, JOKOWI jg pribadi yg baik, beliau berdua adalah putra terbaik bangsa ini yg bekerja dg sungguh2 untuk kemajuan bangsa ini, kalau anda mencintai negeri ini tolong buang jauh2 rasa dendam anda krn dendam itu akan menghancurkan DIRIMU & BANGSAMU.

    • Anda.serius bung ,kalau cuman nyuruh aja mendng ke laut aja anda bung,ane punya segepok nama dari mulai instansi pemerintah sampai ke pengusaha kotor,jujur ane gak mau di mutasi terus terusan ,perkembangan anak anak ane jadi ga jelas ,bentar bentar adaptasi lingkungan baru,,,,,

  2. PERSATUAN
    Kata itu sebetulnya gak asing bg kita,sbb sdh sjk indonesia merdeka kita sdh diperintahkan utk ttp bersatu & mempertahankannya.
    Bhkn kemerdekaan indonesia itu sendiri bs terwujud berkat persatuan.
    Namun seiring berjalannya wkt semangat persatuan itu memudar dr diri kita.
    Kini ketika kita tahu cina bs jadi negeri maju berkat persatuan, kt terkagum2 dibuatnya.Lalu ktpun berandai2 jika sjk dl kt satu visi,misi,&satu tujuan,mk kt kini ri sdh jd negeri maju.
    Ayo kawan, mari kita bersatu!

  3. Pemikiran menuju bangsa yang Hebat salah satunya dgn mengedepan persatuan sudah sejak lama mjd pemikiran para founding father dan itu sdh diwujudkan dlm sila ke 3 Pancasila. Namun faktanya sekarang semakin jauh dr harapan. Dengan alasan eforia demokrasi, musyawarah utk mufakat sdh ditinggalkan diganti dengan nafsu utk berkuasa dgn menghalalkan segala cara bagai hukum rimba, siapa yg kuat dia yg berkuasa serta menabur benih-benih perpecahan atas dasar SARA yg semakin menjauhkan cita-cita founding father kita. Sehingga kita secara sadar mulai merenggangkan rasa toleransi, empati, rasa kekeluargaan, gotong royong yg sebenarnya adalah akar dari budaya kita dan terjebak dalam sekat-sekat yg semakin berjarak dan membutakan mata jasmani dan nurani kita. Terlalu berat beban yg ditanggung ibu Pertiwi melihat anak-anaknya berkelahi atas nama kekuasaan jauh dr rasa persatuan terikat pada harga diri yg entah sampai kapan lunas dibayar dan egosentris yg membelenggu alam sadar dan bawah sadar kita sebagai anak-anak bangsa. Salam hormat. NKRI harga mati.

    • kita baru belajar berdemokrasi-puluhan tahun kita terjebak penguasa otoriter, dari tahun 98 baru saat inilah masyarakat terlihat mulai menyadari suara mereka bisa memberi perbedaan, dan mulai kita lihat tren pemimpin muda yg melayani masyarakat. kedepannya kita akan melihat(smoga) tren ini akan terus berlanjut,jika UU pilkada batal.

  4. Ngapain nanyak Pak Jokowi ? Kita kan sdh tau itu….tdk ada yg baru dr jwbn Pak Jin itu …gak usah ngajak2 bersatu karna kita sdh bersatu…jalani saja dgn kerja utk meraih simpati org banyak guna mendukung program2 masa pemerintahan ini cara2nya silahkan berkreasi sendiri …kan Bapak terkenal kreatif dlm soal itu pahami rakyat yg sangat beragam ini..buktikan bahwa pemerintah mampu memimpin bangsa yg besar ini guna meraih mimpi2nya..Rakyat sdh bersatu buktinya NKRI masih kukuh berdiri tp bersatu bukan berarti tdk ada perbedaan … walaupun berbeda beda tetapi tetap SATU. Bung KARNO pernah berkata ” Hai pemuda berapa jumlahmu ? Jawablah kami hanya SATU !!”

  5. persatuan disegala aspek adalah kunci untuk kemajuan bangsa,baik partai,dpr,gubernur,bupati,walikota,rakyat harus bersatu mewujudkan kemajuan indonesia..dukungan rakyat terhadap pemerintah sangat penting untuk kemajuan bangsa ini,pemimpin harus amanah terhadap tugas yang diemban,rakyat harus percaya ma pemerintah bukannya menhujat kemampuan pemerintah..disatu sisi keamanan harus bersinergi dengan kesejateraan..mau maju persatuan dan kesatuan harus ditegakkan..mau sejatera keamanan harus diutamakan..yoo wis tak laporan sek karo sing gawe urip.

  6. Hm…sayang banget komentar masih berisi tentang partai ini partai itu….bukankah lebih baik kita bekerja dengan tekun, belajar yang giat setiap hari dengan sebuah harapan bahwa hasil pekerjaan kita dapat membawa berkah bagi sesama anak Bangsa Indonesia..Biarkan pemerintahan Baru ini Bekerja untuk memenuhi janji-janjinya pada saat Pemilu. Tunjukkan kita bukan generasi instan, yang ingin hasil instan…tapi Generasi Pejuang yang masa depan yang baik dan cerah bagi memikirkan anak cucu Bangsa Indonesia. (Mohon maap, Pendapat saya ini tidak berlaku bagi orang yang bekerja dengan tekun memecah belah Bangsa Indonesia, dan selalu belajar giat cara mencaci dan memaki)

    Salam Persatuan dan Kesatuan (bukan TPRI loh)

    • Hehehe…. pelabuhan Pantoloan (Palu) saja tidak masuk dalam konpensasi dari kenaikan harga BBM, padahal Pantoloan sangat strategis karena terletak tepat pada ALKI 2 dan memiliki kedalaman pelabuhan sampai 30 meter, merupakan pelabuhan terdalam ketiga di dunia bisa menampung kapal sampai tonase hingga 150 ribuan…. seberapa efektif perencanaan pembangunan maritim bapak Presiden???

      • Bung joko, kalau kita mau kritisi ya sedari awal bukan ditengah apalagi diakhir supaya Presiden kita tidak keluar jalur…. selama kritis yg objektif dan tidak ada muatan tertentu saya rasa halalan toyiban wajib hukumnya.

        Jangan salam korlap deh saya cuma sekedar rakyat yang ingin negeri ini maju saja, bukan pendemo atau agent bayaran yang disusupkan disini. Salam Indonesia jaya aja yah 😀

  7. @joko, SBY pribadi yg baik, JOKOWI jg pribadi yg baik, beliau berdua adalah putra terbaik bangsa ini yg bekerja dg sungguh2 untuk kemajuan bangsa ini, kalau anda mencintai negeri ini tolong buang jauh2 rasa dendam anda krn dendam itu akan menghancurkan DIRIMU & BANGSAMU.

  8. saya suka dgn resep yg pertama ia itu persatuan, mulai skrg kita harus bisa mengabdi pada negara dgn maksimal, yg pekerja kerja dgn baik apapun pekerjaan kita harus bersukur jgn banyak mengeluh niscaya kalau kita bisa seperti Tiongkok ataw bisa lebih. ingsaaloh saya percaya apaun yg sedang di rancang pemerintah pasti itu yg terbaik buat rakyat banyak

  9. Negri cina menjadi negara mercusuar dlm pertumbuhan perekonomiannya disebabkan hampir seluruh kebutuhan rakyatnya bisa mereka produksi sendiri jd bukan semata” mengandalkan investor asing kalo hanya mengandalkan investor pihak asing tanpa mau menjadi negara produsen sendiri. Sudahkah Indonesia meniru cina atau jepang utk menjadi negara produsen, jika belum maka yg terjadi adalah selamanya akan menjadi negara konsumen produk” luar berlabel dlm negri dn pertumbuhan ekonomi pun tdk bisa melejit tinggi seperti cina sekarang ini, alias cuma jalan ditempat saja tanpa kenaikan yg signifikan. Contohlah negara cina dn jepang sebagai negara produsen raksasa dunia dan bukan menjadi negara konsumen investor asing semata.

  10. kmn aja kok baru tau skrg sih pak ? coba anda bandingkan jaman pak suharto dan pasca pak suharto , lebih baik pak suharto kayanya , sekarang terlalu banyak pemimpin , yg di dengar terlalu banyak dan terlalu banyak kepentingan juga , jadi kebanyakan bertengkarnya dari pada kerja , DEMOKRASI DI INDONESIA KEMENANGAN BARAT , BUKAN KEMENANGAN ORANG2 INDONESIA.

  11. 3 point yang mengesankan….. apakah bisa di aplikasi di indonesia dengan sukses? Point ke 2 dan ke 3 oke lah…. point pertama itu ngga bisa diaplikasikan di indonesia karena indonesia negara multi partai…… bukan sistem totaliter ala tiongkok…. mengurangi subsidi bbm adalah hal paling realistis untuk mendapatkan uang dengan cepat tetapi apakah itu baik bagi rakyat? Coba pos uang untuk demokrasi di pakai untuk pembangunan? Ayo kita renungkan rakyat indonesia butuh perut kenyang atau kenyang akan janji wakil rakyat… ayo kita renungkan?