Jan 062019
 


F-14 Tomcat (foto : Common Wikipedia)

Tiga puluh tahun yang lalu, pesawat tempur Tomcat Angkatan Laut AS terlibat pertempuran udara dengan pesawat tempur Libya.

Pada 4 Januari 1989, dua F-14A Tomcat dari Fighter Squadron (VF) 32 Swordsmen melesat dari kapal induk John F. Kennedy (CV 67), keduanya terbang mencegat dua MiG-23 Libya yang memasuki laut setelah lepas landas dari pangkalan Bumbah di Libya

Beberapa menit kemudian, para pilot Tomcat menyesuaikan arah dan ketinggiannya untuk menghadang pesawat yang masuk, menilai niat mereka, dan menempatkan pesawatnya dalam posisi yang menguntungkan.

Dua pesawat Libya adalah dua MiG-23 Floggers, berada di jalur yang searah dengan kapal induk Angkatan Laut AS.

Lebih dari 4 menit setelah kontak awal dengan pesawat tempur Libya, Tomcat dengan pilot Letnan Herman C. Cook III dan Radar Intercept Officer (RIO) Letnan Komandan Steven P. Collins meluncurkan rudal AIM-7 Sparrow pertama pada jarak 22 km. Rudal itu gagal mengenai sasaran.

Beberapa detik kemudian, pilot Herman kembali meluncurkan rudal kedua AIM-7 pada jarak 18 km. Kali ini rudal Sparrow berhasil merontokkan salah satu MiG-23.

F-14 Tomcat lainnya, dengan Komandan Joseph B. Connelly dan Leo F. Enwright Jr sebagai operator RIO menghadapi MiG-23 kedua dalam jangkauan visual. F-14 melepaskan rudal AIM-9 Sidewinder dalam jarak dekat.

Setelah menjatuhkan dua pesawat tempur Flogger. Kedua Tomcat yang menang kemudian dipanggil kembali ke kapal induk John F. Kennedy.

Cavoc

jakartagreater.com

  5 Responses to “30 Tahun Lalu, 2 MiG-23 Libya Ditembak Jatuh 2 F-14 Tomcat AS”

  1.  

    Nih pespur tom cruise kok perasaan jadi sering nongol seh??

  2.  

    Pilot nya Libyan Dan Iraq ..tidak terlalu Pintar mengoperasikan pesawat tempur Mig mereka.
    Maka nya kalah Terus sama USA and Israel.
    Masih sedikit Lumayan ….Egypt.

  3.  

    Terkesan sgt mudah pilot AS menjatuhkan pesawat lawan, pilotnya kalah kelas atau pespurnya yg kalah canggih?

  4.  

    F-14 Jelas menang melawan MiG-23 dong, Kelasnya aja lain…
    F-14 Merupakan sebuah pesawat tempur supersonik dengan sayap tinggi (high wing) ayun, dengan mesin dan kursi ganda. F-14 adalah pesawat tempur superioritas udara utama Angkatan Laut Amerika Serikat yang dioperasikan dari tahun 1972 hingga tahun 2006. Setelah dilengkapi dengan sistem LANTIRN, F-14 Tomcat juga memiliki kemampuan serang darat .
    Sementara banyak pesawat yang hanya diijinkan untuk terbang dalam cuaca yang mendukung, F-14D mampu terbang dan menghancurkan dalam semua jenis kondisi. Tidak hanya itu, selain dapat menyerang pada malam hari dan dalam cuaca yang tidak terlalu baik, pesawat ini juga mampu menembak sekaligus 6 target pada waktu yang sama, F-14 Tomcat juga mempunyai kemampuan untuk mendeteksi pesawat musuh dari jarak 100 mil…https://militerhebatdunia.blogspot.com/2016/10/grumman-f-14-tomcat-pesawat-tempur.html

    •  

      Jangankan di banding F 14 bung Mig 23 di bilang lebih ribet, mahal, dan kurang gesit dibandingkan dng pendahulunya Mig 21… Karena dari kemaren banyak nongol artikel Pespur tom cruise ini kesannya kok kayak hanya F 14 yg bisa mengalahkan pespur ini padahal bukan cuman F 14 yg mencetak kill F 16, F 4, bahkan pendahulunya Mig 21 juga pernah mencetak kill dari Mig 23 jadi bukan monopoli pespur si tom cruise, dan bukan berarti juga Mig 23 ga pernah menang lawan F 14 Mig 23 pun pernah mengalahkan F 14…

      Iranian Air Force Colonel, Mohammed-Hashem All-e-Agha was shot down by an Iraqi MiG-23ML while flying his F-14A on 11 August 1984.

      Capt. Bahram Ghaneii was shot down by a MiG-23ML while flying his F-14A on 17 January 1987.[31][32] According to Iranian sources, four MiG-23BNs were shot down by F-14s on 29 October 1980, but the victory was not confirmed.

      Padahal Mig 23 Varian ekspor itu banyak keterbatasan lho jadi ini juga jadi bukti pilot irak juga hebat2 tetapi pespurnya yg ga mendukung… Lagian sebenarnya Soviet awalnya juga ingin mengganti semua Armada Mig 21 dng Mig 23 tapi akhirnya tidak meneruskan rencana itu dan semua negara yg pernah pake Mig 21 banyak yg kecewa karena mereka mengharap pespur ini lebih baik dari Mig 21 tetapi yah setelah itu muncul Mig 29 yg termasuk pespur legend seperti Mig 21…