300 Gerbong KA Indonesia Dipesan Luar Negeri

Kereta Argo Lawu melintas di stasiun Lempuyangan membawa kereta eksekutif baru produksi PT INKA tahun 2016 (Alqhaderi Aliffianiko)

Lebak – Produk PT INKA Indonesia akan menjadi sumber devisa negara cukup besar setelah Negara Bangladesh dan Tanzania memesan sebanyak 300 gerbong kereta api.

“Kami mengapresiasikan produk PT INKA milik perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bisa menembus pasar ekspor,” kata Anggota DPRD Kabupaten Lebak Muhammad Husen saat dihubungi di Lebak, 3/6/2017.

Keberhasilan PT INKA memproduksi gerbong kereta api menunjukan teknologi di Indonesia jauh semakin baik.

Kemungkinan kedepan produk-produk teknologi lainnya dilirik oleh mancanegara, termasuk Amerika Serikat, Jerman, Italia, Jepang dan Perancis yang notabane sebagai negara teknologi.

Bahkan, produksi teknologi Indonesia sebelumnya sudah menembus pasar ekspor seperti PT DI yang memproduksi pesawat dan PT Pindad produksi persenjataan.

Kedua perusahaan tersebut dua-duanya berada di Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Karena itu, pihaknya tidak kaget jika produksi PT INKA dipesan Bangladesh dan Tanzania sebanyak 300 gerbong kereta.

Pengiriman gerbong kereta ke negara itu dilakukan secara bertahap.

Namun, tahap pertama sesuai yang ditandatangani kontrak sebanyak 50 gerbong kereta penumpang “Broad Gauge (BG) Banglades Railway Company” pekan depan.

“Kami menilai ekspor itu tentu menghasilkan devisa negara sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional,” katanya.

Menurut Husen, saat ini produk teknologi Indonesia siap bersaing dengan negara lain.

Kemajuan teknologi dalam negeri tidak kalah dengan negara lain sehingga terus ditingkatkan mutu dan kualitas.

Apalagi, saat ini memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan diharapkan produksi dalam negeri dapat membanjiri pasar ekspor.

Selama ini, produk teknologi Indonesia sudah dilirik oleh sejumlah negara di kawasan Asia, Eropa Timur dan Afrika.

“Kami yakin Indonesia akan menjadi negara eksportir produk teknologi sehingga bisa menghasilkan devisa negara cukup besar yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan ekonomi semakin baik,” kata politisi PKB Kabupaten Lebak.

Antara

Tinggalkan komentar