Jan 082016
 
KFX (photo: Chosun)

KFX (photo: Chosun)

Jakarta – Meski Indonesia hanya memiliki 20 persen share development, tapi semua knowledge development pesawat tempur KF-X / IF-X didapat Indonesia, 100 persen.

Untuk itu 300 ilmuwan dan teknisi pembuat pesawat tempur dari Indonesia akan dikirim ke Korea Selatan untuk mempelajari pembuatan pesawat tempur KF-X/IF-X.

“Kami akan mengirim 200 sampai 300 orang ke Korea Selatan,” ujar Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia Budi Santoso di Jakarta, Kamis. 7/1/2015.

Pengiriman 300 tenaga ahli Indonesia ini bagian dari kesepakatan Indonesia dengan Korea Selatan dalam kontrak pengembangan pesawat tempur KF-X/IF-X yang dikerjakan oleh kedua negara.

Dalam kerja sama pengembangan pesawat tempur KFX / IFX, Indonesia-Korea Selatan sepakat membagi biaya pembuatan pesawat dalam skema 20 persen dana dari Indonesia dan 80 persen dibiayai Korea Selatan.

Pemerintah Indonesia mengeluarkan dana Rp 18 triliun untuk proyek ini sebagai investasi transfer teknologi dan pembuatan prototype pesawat KF-X/IF-X.

“Meski kita hanya punya 20 persen share development, tapi untuk semuaknowledge development pesawat ini kita dapat 100 persen. Transfer teknologinya semua kita tahu, bukan cuma 20 persen tapi 100 persen,” ujar Budi.

Para teknisi yang dikirim PT DI akan mempelajari seluruh program pengembangan KF-X/IF-X selama tiga hingga empat tahun di Korea Selatan, namun jumlah yang terlibat dalam pembuatan pesawat berbeda-beda pada tiap unit.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan hanya 20 persen orang Indonesia yang dilibatkan dalam pembuatan pesawat unit pertama dan 50 persen pada unit kedua yang dikerjakan di Korea Selatan. Sedangkan satu unit KF-X/IF-X yang dibuat di Indonesia akan melibatkan 80 persen SDM Indonesia.

Pemerintah Indonesia telah menyiapkan infrastruktur untuk merakit pesawat tempur generasi 4,5 KF-X/IF-X di Indonesia dengan membuat hanggar di PT DI, Bandung, Jawa Barat.

Hal ini berbeda dengan rencana pembuatan kapal selam yang seharusnya dikerjakan di Indonesia pada 2015, namun harus kembali dibuat di Korea Selatan lantaran infrastruktur belum siap.

Antaranews.com

  56 Responses to “300 Ilmuwan Indonesia Membuat Pesawat Tempur KF-X / IF-X”

  1. Good news

  2. 1

    • Mbah bowo ngelindur apa ngigao..
      Baca sejarah mbah
      Bangsa yg menaklukan mongol tuh nusantara

      Sejarah akan terulang namun dengan peran dan pelaku yg beda,.
      Apa yg d takutkan mbah perlu d waspadai
      Sejarah ketika kerajaan singasari kita pernah d invasi RAS KUNING
      Begitu juga jaman kemerdekaan JEPANG pernah bercokol d nusantara
      Apa berikutnya CHINA sebagai RAS KUNING yg akan dtg,..
      Namun SAYA YAKIN semua berakhir dengan KEMENAGAN NUSANTARA….
      Jadi gak perlu TAKUT BERLEBIHAN,hanya perlu WASPADA DAN JAGA PERSATUAN

      Awas reumatik mbah,..haha

  3. Rombongan kalong…

  4. Bung Diego, saya ada kirim email. Tks.

    • hurraaaaa…kalkulatornya pasti sdh dikembalikan istrinya..jd bisa ngitung lagi..bung diego sgr dinaikkan ya artikelnya bung TNPhD..intronya andrew rieuw lagi kah..

  5. Cepat di angkat bung Diego artikel kiriman bung Tukang hitung PhD

    • SELAMATKAN JIWA KALIAN. SEGERA PERKUAT ALUTSISTA BESAR BESARAN, DATANGKAN SEMUANYA. TUMPUK DI UTARA NATUNA. TUMPUK SEMUA DISANA.

      SUNGGUH, JANGAN BIARKAN BANGSA DARI UTARA ITU SAMPAI MENDARAT DI TANAH INDONESIA. JANGAN PERNAH, NGERI MBAH MEMBAYANGKAN LAUTAN MANUSIA YANG HAUS DARAH BERSATU DALAM SATU BENDERA.

      • Tenang wo.nanti kita hadapin dgn dua bendera..bendera slank sama bendera Oi..hahaha..lanjut wo edanye…tapi inget..!! Pas
        Adzan subuh pulang ya.,!!

      • niat hati mau koment,tapi pas liat gombel wowo hadir jd males mau komen….liat tulisannya aja sakit mata ane,wowo…wowo…bener2 cari sensasi ente…..ehhh td katanya malas koment,kok sekarang malah koment,xixixixixixixixixixixixxi
        wowo….ayo pulang,mau minum obat….???

  6. Susah koment

    • Anda terlalu terburu nafsu kata situsnya ..wk..wk… ,tak penting pembawanya yang penting apa yang di bawa …. benar sekali pesawat sipil bisa menghancurkan pespur ,landasan jika di beri RUDAL BVR ,lepaskan dari jarak jauh ,balik kandang … hancur tuh pespur .Tak zamannya lagi dog fight …

      Kapal angkut ,bisa menghancurkan kapal tempur ,pespur asal bawa RUDAL …..

      Yang penting apa yang di bawa ,

      Lha ini TNI berfikir terbalik ….?

  7. Hahaha pada kalong semua nih atau abis pada mblaem-blaem ma bini dirumah.?? .senangnya hati sama bini masih kalah kalo sampe indonesia bisa bikin pespur buatan anak negeri.hahaha ..

    Kebangkitan teknologi indonesia mulai terlihat satu persatu, padahal dari jaman kuda gigit besi manusia indonesia memang pintar” otaknya, cuman pemerintah kurang perhatian & memfasilitasinya.malah terkesan dianak tirikan,sebab pada mau cari untung / komisi yg gede, dgn beli,beli & beli trs…

    Apalagi panser badak diborong sama Brunei tuh..kepercayaan negara lain sangat besar terhadap produk 2 dlm negeri…laris manis tanjung kimpul,dagangan abis duit ngumpul..hahaha..yo.yo.yo.siapa lagi yg mau pesan mumpung masih anget IFXnya…gue mau jadi salesnya IFX kalo dah jadi aah….

  8. BANGSA DARI UTARA TIDAK AKAN TERKALAHKAN, SAMA SEKALI TIDAK AKAN TERKALAHKAN. SENJATA TIDAK AKAN BISA MENGHENTIKANNYA, MEREKA ADALAH MESIN PERANG PALING PALING EFEKTIF YANG AKAN TERCATAT SELAMA SEJARAH MANUSIA.

    SANGAT SANGAT MIRIS, BAGAIMANA ASEAN MINUS MYANMAR DAN KAMBOJA AKAN DIGULUNG HABIS OLEH RAS YANG KONON TAK TERKALAHKAN.

    DETASEMEN DETASEMEN YANG SANGAT LUAR BIASA HEBAT. KEKEJAMANNYA YANG TAK TERPERIHKAN. BAYI BAYI AKAN BERHENTI MENANGIS DAN ORANG ORANG YANG SAKIT AKAN LANGSUNG MATI MELIHAT KEKEJAMAN BANGSA UTARA.

    BAU AMIS DARAH DAN ANYIR ORGAN TUBUH AKAN MEMENUHI SEGENAP JENGKAL TANAH YANG SUDAH DI PIJAK TANAHNYA OLEH PASUKAN SANG NEGERI SERIGALA BIRU DENGAN DEWA KUASA MEREKA YAITU SANG TEGRI YANG AGUNG”.

    MELIHAT TULANG TULANG AKAN REMUK DAN USUS AKAN TERBURAI MUNGKIN NANTINYA AKAN MENJADI PEMANDANGAN UMUM.

    SELAMATKAN JIWA KALIAN. PERKUAT ALUTISTA SEKARANG JUGA !!!!!!!!!!

  9. TUMPUK SEMUA ALUTSISTA DI NATUNA. TUMPUK SEMUA. MULAI PESAWAT TEMPUR DAN KAPAL PERANG, BEGITU ALUTSISTA JADI LANGSUNG KIRIM KE NATUNA. SEMUANYA !!!!!

    KIRIM PASUKAN PASUKAN TERBAIK TERUTAMA BRIMOB DAN PASUKAN MARINIR KIRIM KE UTARA NATUNA. PERTAHANKAN NATUNA. JANGAN SAMPAI JEBOL NATUNA. TNI AD HARUS DIPERKUAT DI KALIMANTAN. KARENA KEMUNGKINAN PLAN AKAN LANGSUNG MENGGUNTING KE SERAWAK DAN SABAH, MENJADIKAN SEMENANJUNG TERISOLASI.

    BUAT LANDASAN LANDASAN PACU YANG BANYAK UNTUK PESAWAT TEMPUR SHUKOI 35 DAN F 16 DAN APACHE. SEGERA BUAT PANGKALAN ANGKATAN LAUT UNTUK FREGAT DAN CORVET DAN KAPAL SELAM.

    SEMUANYA ALUTISTA YANG CANGGIH TERUTAMA RUDAL PERTAHANAN UDARA SEGERA WAJIB DIBELI, KITA SEDANG TERKEJAR KEJAR WAKTU SAMPAI CHINA MENYELESAIKAN SEKITAR 10 KAPAL INDUKNYA DAN RATUSAN KAPAL PERANG MEREKA. MAKA CHINA AKAN BERGERAK KE SELATAN.

    PLAN AKAN BERGERAK JAUH KE SELATAN, NATUNA ADALAH TARGET PLAN, SELAIN SERAWAK DAN SABAH.

    PLAN AKAN MEMBLOKADE FILIPHINA DAN MENGGUNTING SEMENANJUNG MALAYSIA.

    NGERI POKOKNYA.

    • Wih mengerikan,tapi masih seram film yg dibintangi almarhum suzana mbah.klau yg mbah ceritakan masih bisa dilihat nih udah gak berani ngeliat mbah serem

  10. MEREKA HANYA MENGENAL BAHASA KEMATIAN, DARAH DAN PEMUSNAHAN, SEJARAH TELAH MENCATAT DALAM BUKU CATATAN MEREKA.

    MBAH SANGAT MENGAGUMI SEKALIGUS KETAKUTAN DENGAN KEHEBATAN BANGSA DARI UTARA YANG TAK AKAN PERNAH BISA DIKALAHKAN.

    KEPALA PECAH, USUS TERBURAI, BAU ANYIR DARAH. BAU DAGING BAKAR YANG GOSONG.
    MBAH MIRIS. APA YANG BISA MENAHAN BANGSA UTARA ITU ?

    • Ada wo yg bisa menahannya..!!! Mo tau ape mo tau bingit..?? Nih gue kasih tau kebelet boker sama kebelet pipis pasti bisa menahanye, pastinye tuh pasukan bakal nyari jamban buat boker sama pipis…hahaha..

    • Nih orang kagak punya Tuhan yah… takut ko sama orang,. Geblek..!!

    • mf mbah ane yg blm lama nongkrong dimari sdikit membaca maksud mbah bukan militernya cina kan? klo maksud mbah ekonomi dan brang2 cina yg merajalela ane setuju, imho

    • Mbah bowo bangsa ras kuning yg dmaksud adlh yajuj majuj itu indonesia hrus mewaspadai gerakan plan krn bangsa nusantara akn berhdapn dgn plan petinggi2 perwira tni dan purnawirawan sangat serius menanggapi ancamn serius plan kdepan

  11. Rusak nich artikel lo ada mbah bowo,artikel apa komennya apa…,lebay banget ini orang.

  12. MBAH BOWO UEEEDAANNNN….OBATE MANA ,OBAT OBAT,,!! ,KAASIH TUH KE MBAH BOWOO..SEBELUM MBAH BOWO KALUNGAN OMPLONG!!..

  13. If Mr.Ir.Soekarno just ask 100 fanzboys to win the world, Indonesia sends one regiment consist of 300 The Spartans of The Philosofer Doctor’s Army… 300 of those freaking awajome maniac of intelectual movement. The power of knowlage.. Awajome.. Huahahaha SAPERE AUDE!!!

    • I have no clue what you are saying. Please go back to school to learn proper English! This is beyond embarrassing dude. That goes for everyone here who wants to reply in English.

  14. DEALNYA KFX DAPAT MELAKUKAN PENJUALAN UNTUK EXPORT SEMENTARA IFX HANYA BOLEH UNTUK DI JUAL BELI PIHAK LOKAL yaitu AU

  15. 300 ilmuan malon ciptakan ekstrak kulit pisang

  16. @bhineka_pancasila. kritik atau saran itu masukan atau penilaian atau teguran dari seorang atau kelompok kepada seorang atau kelompok atas kekurangan yang di milikinya berupa barang, jasa, penampilan, tingkah laku atau sikap prilaku, keadaan lingkungan untuk perubahan menjadi lebih baik. berpikir positif lah masbro contoh pacar atau istri atau selingkuhan ente ngomong ke ente “bau ketek lo!!” tentunya ente minder dan merasa malu, kan terhadap diri ente. apa yang anda lakukan kalau ada orang mengkritik anda bau ketek? tentunya ente melakukan perubahan terhadap diri ente agar tidak di hina bau ketek. beli parfum/minyak wangi/minyak nyongnyong untuk menjaga penampilan ente biar tambah pede.

  17. hidup lo tragis

  18. ketikan mbah bowo bagai dongeng sebelum tidur yg gak pernah di bacakan hahaha kasihan mbah bowo paranoid.

  19. merindukan Beruk MALON

 Leave a Reply