Avro Arrow Pesawat yang Dipaksa Mati, Akankah Bangkit Kembali ?

Avro Canada CF-105 Arrow adalah pesawat tempur buru sergap dengan sayap delta yang diciptakan oleh perusahaan Avro Aircraft Limited di Malton, Ontario Kanada pada tahun 1953-1959.
Avro Arrow Pesawat yang Dipaksa Mati, Akankah Bangkit Kembali ? 1

Avro Canada CF-105 Arrow adalah pesawat pencegat bersayap delta, yang dirancang dan dibangun oleh Avro Canada sebagai puncak dari studi desain yang dimulai pada tahun 1953. Arrow dianggap telah menjadi prestasi teknis dan aerodinamis canggih untuk industri penerbangan Kanada.

CF-105 MK 2 mampu melesat dengan kecepatan hamper Mach 2 pada ketinggian 50.000 kaki (15.000 m) dan dimaksudkan sebagai pesawat buru sergap utama Angkatan Udara Royal Kanada pada tahun 1960 dan seterusnya.

Tahun 1958 tidak lama setelah program awal uji penerbangannya, pengembangan Arrow (termasuk mesin jet Orenda Iroquois nya) tiba-tiba dihentikan, memicu perdebatan politik yang panjang dan pahit. Kontroversi yang ditimbulkan oleh pembatalan dan penghancuran dari produksi pesawat tetap menjadi topik perdebatan di kalangan sejarawan, pengamat politik dan pakar industri.

Jan Zurakowski kelahiran Polandia adalah pilot pertama yang menerbangkan Arrow pada 25 Maret 1958.
Avro Arrow Pesawat yang Dipaksa Mati, Akankah Bangkit Kembali ? 2

Belakangan ada gambar gambar desain pesawat Avrow Arrow yang beredar di internet, uniknya pesawat tersebut muncul dengan bentuk yang benar benar “baru” dan dengan teknologi yang terkini. Arrow baru juga memiliki penyimpanan senjata internal dilambung pesawat sama seperti F-35 seolah menegaskan bahwa pesawat Avrow Arrow bisa bersaing dengan pesawat siluman tersebut.

Kanada berniat membeli pesawat F-35 namun karena terjadi pembengkakan biaya dan masalah teknis yang terus mendera F-35, kabarnya Kanada menunda pembeliannya.

Berikut adalah tampilan pesawat Avrow Arrow yang baru, gambar-gambar ini diambil dari FB nya Bourdeau Industries (official)

Dengan tambahan 2 sayap vertikal baru untuk stabilisator pada kecepatan hipersonik.

CF105 MK4 menggunakan mesin utama untuk penerbangannya. Ramjet yang dipasangkan di bawah sayap hanya “menyala” untuk menanjak ke ketinggian atau mauver yang ekstrem, Pesawat juga memiliki fungsi pengawasan, pengintaian dan misi peperangan elektronik.

Pesawat tempur CF105 MK4 direncanakan memiliki kemampuan dan teknologi pesawat generasi 5. Ada perdebatan apakah Kanada jadi membeli pesawat F-35 yang mahal dan masih “bermasalah” ataukah membangun pesawat ini kembali tapi dengan fitur-fitur terbaru.

Pesawat tempur CF105 MK4 multiperan dengan knalpot trust vectoring 3D, ruang senjata internal mampu menampung 6 rudal Python5 , 4 rudal MBDA Meteor disayap, QWIP / IRST / radar AESA, data link, kecepatan maksimal 3,5 mach, kecepatan daya jelajah 2,5 mach, kursi tandem, kanopi clear, gatling gun 30mm.

Konfigurasi untuk serangan darat.dengan probe pengisian bahan bakar, kanon otomatis 30mm, pod IR penargetan, 4 rudal “smart” JDAMS di lambung internal, 2 tangki bahan bakar eksternal (atau 2 bom @500 kg), 2 rudal BVRAAM MBDA Meteor atau 2 rudal BVR / WVRAAM Python5.

Pengirim : Pecinta Wanita JKGR Biro Jepara

.

Leave a Comment