Pilot Tiongkok Mulai Berlatih Sukhoi SU 35

Sukhoi SU-35
Pilot Tiongkok Mulai Berlatih Sukhoi SU 35 1

Sejumlah pilot Tiongkok telah tiba di pusat pelatihan Angkatan Udara Rusia untuk berlatih terbang Su-35. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa Rusia dan Tiongkok telah mencapai konsensus tentang kapan pesawat lawan tanding F-22 Raptor itu akan diserahkan kepada Angkatan Udara Tiongkok. Demikian dilaporkan media negara Tiongkok Global Times Rabu (14/01/2015).

Beijing dan Moskow cenderung untuk menandatangani kesepakatan akhir mengenai penjualan 24 Su-35 ke Tingkok pada 19 Mei 2015. Menurut laporan dari Zvezda, jaringan televisi yang dijalankan oleh militer Rusia, selain pesawat, mesin dan rudal untuk pesawat tempur akan diberikan juga kepada Tiongkok di bawah kesepakatan lain.

Tiongkok meminta Rusia untuk memulai pengiriman mesin dan rudal pesawat. Sejak tahun 2012, Tiongkok menandatangani dua kontrak utama dengan Rusia untuk membeli sistem senjata canggih.

Kontrak pertama memungkinkan Tiongkok untuk menghabiskan 1,3 miliar Dollar Amerika untuk membeli 52 helikopter Mi-171 dan 130 mesin AL-31F. Rusia kemudian memberikan 10 untuk digunakan bagi pesawat kargo Il-76 ke Tiongkok di bawah kontrak kedua.

Pembelian Su-35 oleh Tiongkok dari Rusia hanya sebagian kecil dari hubungan militer yang erat antara kedua negara, menurut laporan tersebut. (Want China Times/ Jejak Tapak).

Leave a Comment