Fighter Bomber Xian JH-7 Electronic Jamming Pods

xian jh-7
Chinese PLAAF Xian JH-7 Flying Leopard fitted with electronic jamming pods under wings

Xian jh-7

Xian-jh-7

xian-jh-7

Xian JH-7 atau Jian Hong-7 adalah mesin kembar, pesawat pembom tempur ringan bermesin kembar yang dirancang dan diproduksi oleh Xian Aircraft Industry Corporation, China untuk memenuhi persyaratan dari Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat dan Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLAAF). NATO menyebut pesawat ini dengan panggilan Flounder. Fighter Bomber ini dibangun untuk menggantikan armada Pesawat Harbin H-5 dan Nanchang Q-5 yang sudah tua.

Versi ekspor dua kursi pesawat JH-7 dikenal sebagai FBC-1 (Fighter Bomber China-1) Leopard Terbang. Penerbangan perdana dilakukan Desember 1988 dan pesawat masuk layanan tahun 1992. Sekitar 70 pesawat JH-7 saat ini beroperasi di seluruh dunia. Pesawat ini dapat beroperasi siang dan malam di segala kondisi cuaca.

Varian Pembom Tempur JH-7

Pembom Tempur JH-7 memiliki empat varian yakni JH-7A, 7B JH-, FBC-1 Leopard Terbang dan FBC-1A Leopard Terbang II.

JH-7A adalah versi upgrade dari pesawat aslinya aslinya JH-7. JH-7A adalah pesawat pertama yang dirancang dengan software CAD atau CAM CATIA V.5.Varian ini dilengkapi dengan tambahan kontrol digital fly by wire, ventral fins, a glass cockpit and a single piece windscreen. Jumlah hard points (cantelan bom) dalam varian ini meningkat menjadi 11.

JH-7B adalah versi lanjutan dari JH-7A. Ini memiliki fitur stealthier dibandingkan dengan JH-7A.. JH-7 atau FBC-1 juga dipersenjatai dengan meriam otomatis 23mm twin-barrel GSH-23L. Pesawat tempur ini juga memiliki helmet mounted sight dan radar kaca kockpit

FBC-1A Leopard Terbang II adalah versi ekspor dari JH-7A dan dikenalkan untuk umum pada September 2003. Varian ini memiliki 11 poin keras yang dapat membawa 9,000kg external stores.

Kini China melengkapi Fighter Bomber JH-7 dengan Electronic Jamming Pods.

Tinggalkan komentar