Dukung Program Maritim RI, AS Bantu Rp441 Miliar

Menko Kemaritiman, Indroyono Soesilo, dan Dubes AS untuk Indonesia, Robert Blake, dalam pertemuan di Jakarta beberapa waktu lalu. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Menko Kemaritiman, Indroyono Soesilo, dan Dubes AS untuk Indonesia, Robert Blake, dalam pertemuan di Jakarta beberapa waktu lalu. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
AS juga bantu program pemberantasan pencurian ikan di laut Indonesia

VIVA.co.id – Pemerintah Amerika Serikat menyatakan dukungan bagi Indonesia dalam pembangunan maritim dan perikanan. Maka AS sudah memberi bantuan atas program itu.

“Kami sudah memberikan bantuan untuk sektor maritim dan untuk perlindungan ikan sebesar US$35 juta [sekitar Rp441 miliar],” kata Duta Besar (Dubes) AS untuk Indonesia, Robert O. Blake, di Sekolah Tinggi Kelautan (STP), Pasar Minggu Jakarta, Selasa 20 Januari 2015.

Pemerintah AS juga akan membantu pemberantasan penangkapan ikan tanpa izin (illegal fishing) di Indonesia. “Kami akan bantu pemberantasan atas penangkapan ikan yang tak berizin atau melanggar hukum (unreported and unregulated fishing)  di laut Indonesia,” kata Blake.

Selain itu, lanjut Blake, AS akan melakukan kerja sama dalam dunia pendidikan, sehingga sumber daya manusia (SDM) memiliki kualitas baik.

“Kami akan memberikan beasiswa kepada para mahasiswa master dan doktor untuk menimba ilmu di salah perguruan tinggi di AS, seperti Mississipi State University. Dan nantinya para lulusan tersebut bisa menerapkan ilmunya di Indonesia,” tuturnya.

Dengan program dukungan dan bantuan dari AS, Blake mengatakan, Presiden Joko Widodo sangat tertarik dengan program tersebut.

“Kami akan mendonasikan dana bantuan tambahan sebesar  US$33 juta. Dan dananya sekarang sedang dalam proses, supaya bisa cepat keluar,” lanjut Blake. (VIVA.co.id)

Tinggalkan komentar