Kapal Selam Jepang Kecelakaan di Laut Pasifik

Tokyo, JakartaGreater – Sebuah kapal selam Jepang dan sebuah kapal swasta terlibat kecelakaan di lepas pantai Pasifik pada Senin, 8-2-2021 demikian keterangan pejabat pemerintah Jepang.

Kepala Sekretaris Kabinet, Katsunobu Kato, menyebut dalam konferensi pers bahwa kapal selam yang dioperasikan oleh Pasukan Pertahanan Maritim itu dan kapal lain tersebut mengalami kecelakaan di perairan prefektur Kochi, Jepang bagian selatan, dirilis Antara, 8-2-2021.

Kato, mengutip penyataan Badan Penjagaan Pesisir yang mengatakan bahwa tidak terjadi kerusakan pada kapal swasta. Otoritas Jepang masih mengumpulkan informasi mendetil, seperti jenis kapal dan di negara mana kapal itu terdaftar, kata Kato.

Pasukan Pertahanan Maritim menyatakan bahwa 3 anggota kru di dalam kapal selam mereka mengalami luka ringan, dan tiang kapal selam mengalami kerusakan namun tidak mengganggu kemampuannya untuk terus menyelam.

dok. Kapal selam tipe Soryu class Jepang. (@Melville – Japan, commons.wikimedia.org)

Kapal selam tipe Soryu

Dari informasi yang dihimpun Japantimes.co.jp, 8-2-2021, kapal selam Pasukan Bela Diri Maritim Jepang itu, bertabrakan dengan kapal komersial, saat muncul di lepas pantai Prefektur Kochi pada Senin pagi.

Kepala Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato mengatakan kapal selam tipe Soryu telah bertabrakan dengan kapal komersial di lepas pantai Cape Ashizuri, Prefektur Kochi, sebelum pukul 11 pagi.

Kato mengatakan bahwa pemerintah Jepang telah mendirikan kantor penghubung di pusat manajemen krisis Kantor Perdana Menteri sebagai tanggapan atas berita tersebut dan sedang dalam proses mengumpulkan informasi.

Tidak segera jelas apakah ada di antara mereka yang berada di kapal komersial itu yang terluka, tetapi Kato mengatakan kapal itu telah memberi tahu Penjaga Pantai Jepang bahwa mereka tidak merasakan adanya kontak dengan kapal selam itu dan tidak melihat adanya kerusakan pada lambungnya.