Presiden Jokowi dan Putin Tingkatkan Kerja Sama

Dokumen Pertemuan Presiden Joko Widodo dan Vladimir Putin (foto: Detik.com)
Dokumen Pertemuan Presiden Joko Widodo dan Vladimir Putin (foto: Detik.com)

Jakarta.- Indonesia dan Rusia memperingati 65 Tahun Hubungan Diplomatik bertepatan tanggal 3 Februari 2015. Presiden Indonesia Joko Widodo dan Presiden Rusia Vladimir Putin sepakat untuk lebih meningkatkan hubungan dan kerja sama kedua negara dengan memanfaatkan momentum peringatan tersebut.

Hal ini disampaikan dalam pesan ucapan selamat yang dipertukarkan oleh kedua Presiden.

“Peringatan ini kiranya dapat menjadi momentum dalam upaya bersama untuk semakin memperkuat dan memperdalam kerja sama bilateral kedua negara yang telah terjalin dengan baik selama ini,” kata Presiden Jokowi dalam pesan ucapan selamatnya.

Menurut Presiden Jokowi, hubungan bilateral Indonesia-Rusia tumbuh semakin kuat dengan berlandaskan pada semangat persahabatan, kesetaraan, saling menghormati dan saling pengertian.

“Menyadari besarnya potensi kerja sama yang masih dapat dikembangkan lebih jauh, kita dapat lebih meningkatkan dan membawa hubungan tersebut ke tataran yang lebih tinggi lagi, tidak hanya secara bilateral tetapi juga di berbagai forum regional dan global,” lanjut Presiden Jokowi .

Sementara itu, Presiden Putin dalam pesan ucapan selamatnya menyampaikan bahwa berlandaskan pada tradisi yang baik, hubungan Indonesia-Rusia secara aktif terus berkembang yang mencakup bidang-bidang baru yang ditegaskan oleh pertemuan Presiden Rusia dan Presiden Indonesia di sela-sela KTT APEC di Beijing.

“Saya ingin menggarisbawahi kesiapan melanjutkan kerja sama yang konstruktif untuk lebih meningkatkan hubungan bilateral. Ini menjawab kepentingan-kepentingan pokok bangsa Rusia dan Indonesia untuk menjamin kestabilan dan keamanan di kawasan Asia Pasifik,” kata Presiden Putin.

Pertukaran ucapan selamat disampaikan juga oleh Menteri Luar Negeri kedua negara. Menlu Indonesia Retno LP Marsudi dan Menlu Rusia Sergey Lavrov mengharapkan hubungan kedua negara dapat lebih erat lagi di masa mendatang. (pikiran-rakyat.com).

Tinggalkan komentar