Nasib SU-35 Setelah 12 Februari 2015

http://youtu.be/eFjO-kWuBBE

Jakarta — Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan, ada rencana embelian alat utama sistem persenjataan (alutsista) baru menggantikan perlengkapan lama. “Iya, ada rencana pembelian alutsista baru, khususnya pembaruan beberapa pesawat tempur TNI,” kata Panglima TNI Jenderal Moeldoko, saat menghadiri olahraga bersama prajurit di Mako Kopassus, Jakarta, Jumat (6/2/2015).

Menurut dia, hal tersebut masih berupa rencana dan belum ditindaklanjuti hingga hal teknis. Ia berpendapat, masa pakai pesawat yang sekarang kemungkinan sudah ada beberapa yang harus diganti demi menjaga kualitas kekuatan.

“Semua ini masih rencana dan masih kami bicarakan dengan Kementerian Pertahanan, belum ada keputusan akhir,” tuturnya.

Sukhoi SU 35
Sukhoi SU 35

Beberapa pesawat yang akan diperbarui adalah jenis jet F5 yang akan diganti Sukhoi 35, Gripen, atau F-16. Mengenai anggaran, Jenderal Moeldoko belum bisa menyebutkan secara pasti karena belum ada pembahasan mengenai jumlah nominal.

“Anggaran tentang pertahanan belum sampai tahap akhir sehingga belum ada rincian pasti,” ujarnya. Ia mengatakan, anggaran akhir pertahanan akan ditentukan setelah tanggal 12 Februari 2015. “Semuanya sudah masuk dalam tahap perencanaan, nanti akan dikaji bersama dengan Kementerian Pertahanan,” ucapnya.

Jenderal Moeldoko berharap, rencana ini bisa memperkuat kekuatan TNI dalam rangka upaya mempertahankan stabilitas keamanan negara melalui kualitas alat tempur. (Kompas.com).

Sharing

Tinggalkan komentar